Membuat Pengulangan
DAFTAR ISI

Sekarang kita akan coba belajar melakukan pengulangan perintah-perintah PHP. Ada masanya kita membutuhkannya. Selain menghemat space, juga meringkas proses. Bagaimana caranya?

Di awal ini kita akan mengulang proses menggunakan perintah FOR. Ayo langsung saja lihat contohnya:

<?php
for ($i=1;$i<=10;$i++) {
    echo 'Diulang 10 kali<br/>';
}
?>


Mari fokus pada baris pertama kode kita. Disana dicantumkan for ($i=1;$i<=10;$i++). Lebih fokus lagi ke kode di dalam kurung yaitu ($i=1;$i<=10;$i++). Jika kita lihat, disana ada 3 perintah yang dipisahkan dengan tanda titik koma ( ; ). Perintah-perintah itu adalah:

  1. $i = 1: Perintah ini untuk mengisi variable $i dengan angka 1.
  2. $i <= 10: Perintah ini adalah persyaratan terjadinya pengulangan. Selama syarat ini terpenuhi, maka pengulangan akan terus terjadi. Dalam contoh ini syaratnya $i harus kurang atau sama dengan 10.
  3. $i++: Perintah ini adalah perintah yang dijalankan di tiap pengulangan. Dalam contoh ini kita meminta supaya nilai variable $i ditambah 1 tiap jika pengulangan.

Dengan deretan perintah itu, maka akan dihasilkan sebuah pengulangan perintah menampilkan tulisan “Diulang 10 kali” sebanyak 10 kali.

Insya Allah kita akan bahas pengulangan yang lain di artikel berikutnya.

Baca Juga:  Memasukkan Gambar

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Taufiq
Taufiq
Digital Strategist & System Analyst. Passion dalam teknologi terutama dalam pengembangan aplikasi. Selain itu senang mempelajari digital marketing dan bisnis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat