Membuat Pengulangan

Membuat Pengulangan

Sekarang kita akan coba belajar melakukan pengulangan perintah-perintah PHP. Ada masanya kita membutuhkannya. Selain menghemat space, juga meringkas proses. Bagaimana caranya?

Di awal ini kita akan mengulang proses menggunakan perintah FOR. Ayo langsung saja lihat contohnya:

<?php
for ($i=1;$i<=10;$i++) {
    echo 'Diulang 10 kali<br/>';
}
?>


Mari fokus pada baris pertama kode kita. Disana dicantumkan for ($i=1;$i<=10;$i++). Lebih fokus lagi ke kode di dalam kurung yaitu ($i=1;$i<=10;$i++). Jika kita lihat, disana ada 3 perintah yang dipisahkan dengan tanda titik koma ( ; ). Perintah-perintah itu adalah:

  1. $i = 1: Perintah ini untuk mengisi variable $i dengan angka 1.
  2. $i <= 10: Perintah ini adalah persyaratan terjadinya pengulangan. Selama syarat ini terpenuhi, maka pengulangan akan terus terjadi. Dalam contoh ini syaratnya $i harus kurang atau sama dengan 10.
  3. $i++: Perintah ini adalah perintah yang dijalankan di tiap pengulangan. Dalam contoh ini kita meminta supaya nilai variable $i ditambah 1 tiap jika pengulangan.

Dengan deretan perintah itu, maka akan dihasilkan sebuah pengulangan perintah menampilkan tulisan “Diulang 10 kali” sebanyak 10 kali.

Insya Allah kita akan bahas pengulangan yang lain di artikel berikutnya.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat