Membuat Formulir Isian

Membuat Formulir Isian

Sekarang kita akan belajar bagaimana membuat formulir isian di HTML. Ada macam-macam modul input datanya dan Insya Allah akan kita bahas semua. Kita mulai dengan membikin format sebuah formulir. Untuk membangun formulir, kamu perlu mengawali dan menutupnya dengan tag. Misalnya semacam ini:

<form action="" method="post">
     <!-- Isi formulir disini -->
</form>

Tag form mempunyai setidaknya 2 atribut. Pertama yaitu action yang menunjukkan file untuk memproses formulir. Pada umumnya sebuah file php. Insya Allah nanti kita bahas pada bagian PHP juga. Jadi sementara kita kosongi dulu. Mengkosongi atribut action juga berarti mengirimkan data ke file yang sama. Dan sebab file ini tak ada fungsi untuk memproses data, maka ya tak akan terjadi apa-apa.

Atribut selanjutnya ialah method. Ada dua jenis method yaitu POST dan GET.

Method POST digunakan untuk pengiriman data formulir yang lumayan besar. Contohnya buku tamu, threat forum, input artikel baru atau apa ajalah. Method GET digunakan untuk pengiriman data yang amat kecil. Contohnya form untuk search engine dimana yang dikirim cuma beberapa kata pencarian saja.

Nantinya, semua input data harus ditaruh diantara tag <form action="" method="post"> dan </form>. Bila kamu menaruh diluar tag itu, maka data itu tak akan dikirimkan ke file pemroses.

Insya Allah pada artikel mendatang akan saya jelaskan tentang tag-tag untuk memasukkan data-data visitor. Semoga bermanfaat.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat