5 Text Editor Gratis Terbaik untuk Pemrograman (coding)

5 Text Editor Gratis Terbaik untuk Pemrograman (coding)
DAFTAR ISI

Text Editor adalah suatu senjata utama untuk para programmer. Mungkin kebanyakan orang hanya menggunakan notepad atau juga word untuk mengolah kata-kata. Tetapi dalam kegiatan coding, text editor ini jadi salah satu unsur yang sangat penting.

Bagi seoran programmer kenyamanan jadi salah satu hal yang penting. Karena dibutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi dan terlepas dari gangguan-gangguan kecil lainnya. Mungkin ini juga yang menyebabkan seorang programmer biasanya memiliki kebiasannya masing-masing. Seperti tidak ada aturan dalam pakaian bahkan sampai setengah bugil (programmer tertentu) atau juga hanya dapat fokus pada malam hari. Karena kegiatan coding membutuhkan tingkat kefokusan yang tinggi supaya dapat menyelesaikan sebuah masalah dan mengkonversinya kedalam sebuah program.

Oleh karena itu sebuah text editor pun jadi kunci penting bagi para programmer dalam membuat sebuah program. Ada banyak sekali text editor yang dapat digunakan saat ini, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Tetapi untuk sekarang ini saya hanya akan membahas yang  gratis, berikut daftarnya:

Daftar Text Editor Gratis terbaik untuk coding

1. Notepad ++

Yaps, yang pertama adalah Notepad ++, bagi saya sendiri aplikasi text editor ini merupakan aplikasi yang pertama jadi pendukung kegiatan coding. Walaupun dalam penamaan hampir sama dengan notepad tetapi fitur yang ditawarkan notepad++ jauh lebih banyak dan lengkap. Bahasa pemrogramman yang didukung pun cukup lengkap. Disamping itu juga kemudahan dalam penggunaan dan ringan, jadi faktor mengapa notepad++ populer di kalangan para programmer. Dan yang sangat penting adalah gratis, kita bisa mendownload aplikasi ini disitus resminya.

Baca Juga:  Program Java untuk konversi Ascii ke Biner
Situs Resmi https://notepad-plus-plus.org/
Sistem Operasi Windows

2. Sublime Text

Selanjutnya Sublime Text, tampilannya yang dinamis dan banyaknya fitur membuat sublime jadi salah satu text editor yang sangat banyak digunakan. Disamping itu juga sublime dapat berjalan di berbagai platform berbeda. Text editor ini pun dapat digunakan secara gratis dengan mendownload langsung di situs resminya. Namun jika anda ingin mengakses full fitur yang ada, Anda perlu membeli lisensinya.

situs resmi https://www.sublimetext.com/
Sistem Operasi Linux, Mac Os dan Windows

3. Visual Code Studio

Visual Studio Code adalah aplikasi text editor keluaran microsoft. Walaupun terbilang masih baru tetapi aplikasi text editor ini digemari oleh banyak programmer disamping itu aplikasi ini mendukung hampir seluruh bahasa pemrograman data seperti vb.net, C#, C, C++, Java, XML, HTML, .ASP, PHP dan lainnya. Walaupun dikembangkan microsoft tetapi visual code editor dapat berjalan di berbagai platform tidak hanya di windows. Anda bisa mendownloadnya secara gratis di situs resminya.

Situs Resmi https://code.visualstudio.com/
Sistem Operasi Linux, Mac Os dan Windows

4. Komodo Edit

Text editor yang satu ini dapat jadi alternatif dari sublime text. Komodo edit memiliki banyak fitur dan juga cukup ringan digunakan. Anda juga dapat memilih tema untuk tampilan editor ini. Aplikasi text editor ini pun mendukung beragam bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti bahasa pemrograman python, perl, ruby, tcl, sql, html, sql, css, smarty, xhtml, php dan masih banyak bahasa pemrograman lainnya. Komodo edit dapat berjalan di berbagai platform.

Baca Juga:  Tips Memanfaatkan Teknologi IoT Untuk Memantau Risiko Kebakaran Dan Kebocoran Di Bisnis
Situs Resmi https://www.sublimetext.com/
Sistem Operasi Linux, Mac Os dan Windows

5. Atom

Atom terkenal dikalangan para programmer web, text editor ini memiliki banyak fitur yang bisa diandalkan dan menjadikannya sebagai aplikasi text editor yang sering digunakan para developer, seperti web based technology desktop text editor, file system browser, fuzzy finder for quickly opening files, fast project-wide search dan replace, multiple cursors and selections, multiple panes, snippets, code folding, a clean preferences UI, TextMate grammars importing, modular design, nodejs integration, dan masih banyak kelebihan dari atom text editor yang lainnya. Disamping itu atom juga dapat digunakan di berbagai platform berbeda.

Situs Resmi https://atom.io/
Sistem Operasi Linux, Mac Os dan Windows

Ebook Gratis!!

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi teknologi terbaru dan diskon menarik langsung di Email-mu

Taufiq
Taufiq
Digital Strategist & System Analyst. Passion dalam teknologi terutama dalam pengembangan aplikasi. Selain itu senang mempelajari digital marketing dan bisnis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
WhatsApp chat