Sejarah Bahasa Pemrograman Pascal

belajar bahasa pascal

Awal Lahirnya Bahasa Pemrograman Pascal

Pascal ialah bahasa pemrograman komputer yang dikembangkan oleh Niklaus Wirth di tahun 1968–1969 dan dipublikasikan tahun 1970. Niklaus Wirth atau lengkapnya Niklaus Emil Wirth ialah seorang dosen, peneliti dan peneliti komputer berkebangsaan Swiss. Sebelum membuat Pascal, dia juga banyak mengembangkan bahasa pemrograman lain pada era 1960-an seperti Euler dan Algol W.

Nama Pascal dipilih untuk menghormati Blaise Pascal, seorang peneliti matematis Prancis yang di tahun 1642 membuat kalkulator mekanis pertama di dunia. Kalkulator ini jadi asal mula komputer modern.

Niklaus Wirth pada awal mulanya merancang bahasa Pascal untuk mengajarkan pemrograman kepada mahasiswa di Universitas ETH Zürich di Swiss. Pascal di desain memakai structured programming yang kemudian jadi populer dan banyak dipakai oleh bahasa pemrograman setelahnya. Seiring perkembangan komputer, bahasa pascal juga dipakai untuk aplikasi komersil.

Semenjak dipublikasikan oleh pada 1970, bahasa pemrograman Pascal mulai dipakai oleh berbagai universitas di Eropa dan Amerika. Meskipun demikian, compiler pascal (sejenis program untuk menjalankan perintah-perintah bahasa pascal) masih terbatas untuk kalangan tertentu. Sebab waktu itu harga komputer masih amat mahal dan umumnya cuma berada di perusahaan atau universitas besar.

Pascal merupakan bahasa pemrograman data-oriented. Programmer dapat membuat tipe data sendiri (selain tipe data standar yang disiapkan seperti integer, real, char, dan boolean). Meskipun demikian, pascal sangat ketat aturan. Setiap variabel cuma bisa memakai tipe data tertentu dan harus dideklarasikan terlebih dulu.

Tidak seperti bahasa pemograman lain di waktu itu, bahasa Pascal serupa dengan bahasa inggris setiap hari, sehingga gampang bagi programmer pemula untuk mulai membuat kode program.

Bahasa Pascal bersaing dengan bahasa pemrograman lain pada era itu, seperti Algol, Basic, Fortran dan C.

Kemunculan Compiler Pascal: UCSD Pascal, Microsoft Pascal dan Turbo Pascal

Semenjak dirilis di tahun 1970, mulai bermunculan berbagai compiler bahasa Pascal (program untuk menjalankan bahasa pascal).

University of California, San Diego (UCSD) membuat salah satu compiler pertama pascal, yaitu UCSD Pascal. Compiler ini diperuntukkan bagi sistem operasi buatan UCSD sendiri, yang terkenal dengan UCSD p-System. UCSD p-System adalah salah satu sistem operasi yang dapat dipilih bila membeli IBM PC di waktu itu, selain UCSD p-System, IBM juga menyediakan PC dengan sistem operasi CP/M-86 dan PC DOS buatan Microsoft (asal mula Windows).

Melihat perkembangan Pascal, Microsoft juga mengeluarkan produk Microsoft Pascal. Tetapi sebab harga yang relatif mahal, compiler ini tak terlalu populer, dan lekas digantikan dengan Microsoft QuickPascal untuk bisa bersaing dengan Turbo Pascal.

Waktu itu, untuk menjalankan sebuah kode program (termasuk Pascal), seorang programmer harus menulis kode program pada text editor, kemudian melaksanakannya (men-compile-nya) memakai program terpisah. Bila memerlukan library tambahan, maka harus melakukan proses selanjutnya, yaitu linker. Alur kerja pembutan program ini terkenal dengan istilah edit/compile/link cycle.

Philippe Kahn (seorang enterpreneur yang baru saja mendirikan sebuah perusahaan software Borland di tahun 1983) melihat peluang usaha dalam bahasa Pascal dan menggabungkan proses edit, compile dan link dalam satu produk, yaitu Turbo Pascal. Borland, merupakan perusahaan software yang waktu itu berbasis di Scotts Valley, California (sekarang pindah ke Austin, Texas).

Turbo Pascal merupakan compiler Pascal yang revolusioner: cepat dan murah, terutama bila dibandingkan dengan UCSD Pascal dan Microsoft Pascal. Sebagai gambaran, harga compiler pascal waktu itu sekitar antara US $400 – $600, tetapi Turbo Pascal dijual senilai $45. Disamping itu, Turbo Pascal dapat menjalankan kode program jauh lebih cepat dan memerlukan sedikit memory. Sebab inilah Borland memakai kata “turbo” untuk compiler pascal buatan mereka.

Di awal kemunculannya, Turbo Pascal mendukung 3 sistem operasi, yaitu CP/M, CP/M-86, and DOS.

Selama periode 1983 – 1992, Borland merilis 10 versi Turbo Pascal, terdiri atas 8 versi untuk MS DOS, dan 2 versi untuk Windows. Berikut ialah tanggal release Turbo Pascal:

  • Turbo Pascal 1 – November 20, 1983 – versi pertama, 64kb limit, CP/M-80, CP/M-86, DOS
  • Turbo Pascal 2 – April 17, 1984 – 8087 support via optional compiler
  • Turbo Pascal 3 – September 17, 1986 – overlays, 8087 compiler, BCD compiler
  • Turbo Pascal 4 – November 20, 1987 – separately compiled units
  • Turbo Pascal 5 – August 24, 1988 – integrated debugging, dynamic overlays
  • Turbo Pascal 5.5 – May 2, 1989 – mendukung pemrograman object
  • Turbo Pascal 6 – October 23, 1990 – Dirilis juga dengan nama Turbo Vision
  • Turbo Pascal for Windows 1.0 – February 13, 1991 – versi pertama untuk 16-bit Windows 3.0, Object Windows Library, Whitewater Resource Toolkit (WRT)
  • Turbo Pascal for Windows 1.5 – June 8, 1992 – Windows 3.1, Resource Workshop, versi terakhir untuk Windows.
  • Turbo/Borland Pascal 7 – October 27, 1992 – DPMI 16/32 bit, versi terkahir untuk MS DOS

Masa Keemasan Pascal

Era tahun 1980an merupakan era keemasan Pascal. Popularitas Turbo Pascal membuat bahasa ini jadi standar bagi industri dan kalangan akademik.

Apple yang waktu itu baru saja meluncurkan Macintosh memakai Pascal sebagai bahasa standar. Dan bila kita mau membuat program untuk Mac, harus memakai bahasa pascal.

Object Pascal dan Borland Delphi

Di akhir 1980an, tren bahasa pemrograman komputer mulai beralih dari structured programming kepada object oriented programming (pemrograman berbasis objek). Beberapa produsen compiler pascal mencoba menambahkan konsep OOP ini kedalam bahasa pascal.

Apple mencoba melakukan hal ini di komputer terbarunya, Lisa. Implementasi OOP kepada pascal ini terkenal dengan istilah Object Pascal. Namun hal ini tidak bertahan lama, sebab Apple mulai beralih kepada bahasa yang lebih baru, yaitu C++.

Borland juga mencoba mengimplementasikan pemrograman objek kepada pascal mulai dari Turbo Pascal versi 5.5 untuk DOS, yang juga terkenal dengan sebutan Object Pascal.

Saat sistem operasi Windows mulai menggantikan MS DOS, borland membawa Object Pascal ke Windows 3.1 dan menamakannya dengan Delphi. Nama Delphi diambil dari kisah mitology yunani, Oracle of Delphi.

Selain memakai konsep Object Pascal, Delphi menyediakan banyak fitur baru untuk membuat program berbasis Windows secara cepat, yang dinamakan dengan istilah Rapid Application Development (RAD). Bila sebelumnya memerlukan waktu beberapa jam untuk membuat ‘jendela visual’ program, Borland Delphi menyediakan editor yang dapat menghasilkan tampilan yang sama cuma dalam hitungan menit.

Dalam periode tahun 1995 – 2009, Borland secara reguler merilis Dephi dengan beragam penambahan fitur dan modul. Untuk mendukung sistem operasi Linux, Borland merilis aplikasi Kylix.

Berikut ialah daftar versi Delphi bersama tanggal perilisannya:

  • Delphi 1 – February 14, 1995 – VCL, 16-bit Windows
  • Delphi 2 – Feb 10, 1996 – 32-bit Windows, Variants, Long strings
  • Delphi 3 – August 5, 1997 – Interfaces (including multiple interface inheritance), COM support, TClientDataSet, Decision Cube, Active Forms, Code Insights
  • Delphi 4 – June 17, 1998 – Dynamic Arrays, Asserts, CORBA, Windows 98
  • Delphi 5 – August 10, 1999 – Frames, Method overloading, translation/localization, ADO support.
  • Kylix 1 – February 27, 2001 – First Delphi compiler for Linux, Desktop and Server editions, CLX
  • Delphi 6 – May 21, 2001 – Web app dev, Web Services, XML, CLX, DBExpress
  • Kylix 2 – October 25, 2001 – Web Services, XML, WebSnap, DataSnap
  • Kylix 3 – July 31, 2002 – Delphi and C++ IDE and compilers, CORBA, Inline assembly for Pentium 4
  • Delphi 7 – August 9, 2002 – Delphi .NET preview compiler, IntraWeb, Bold for Delphi, CORBA, HTML code completion, Rave Reports, Model Maker, UDDI Soap browser
  • Delphi for .NET 8 – December 17, 2003 – first version supporting .NET, ECO I
  • Delphi 2005 – October 22, 2004 – Delphi/Delphi.NET, For/In, Inline functions, Refactoring, Unit Testing, ECO II, VCL/VCL.NET/ASP.NET
  • Delphi 2006 (part of Developer Studio 2006) – November 11, 2005 – Delphi, Delphi .NET, C++, and C#
  • Turbo Delphi 2006 – August 15, 2006 – Windows 32-bit, Explorer and Professional
  • Turbo Delphi .NET 2006 – August 15, 2006 – .NET, Explorer and Professional
  • Delphi 2007 – March 19, 2007 – Windows Vista, Unicode databases.
  • RAD Studio 2007 – August 26, 2007 – Included Delphi 2007, C++Builder 2007, Delphi for .NET 2007
  • Delphi 2009 – August 29, 2008 – Generics, Anonymous Methods, Ribbon Controls, UniCode VCL/RTL/String type, DataSnap 2009

Kemunculan Unix dan C++

Seperti pantasnya perkembangan teknologi yang selalu memberikan hal yang baru, Pascal juga mengalami masa kejayaan dan masa kemunduran.

Saat segala sesuatunya terasa cocok untuk Pascal sebagai bahasa pemrograman masa depan, datang bahasa pemrograman baru seperti C++ dan Java. Popularitas Sistem Operasi Unix juga ikut mendorong kejatuhan Pascal.

Unix ialah Sistem Operasi yang mulanya dikembangkan oleh perusahaan AT&T Bell Laboratories untuk masuk ke industri komputer. Tetapi waktu itu AT&T mendapat sanksi dari pemerintah Amerika sebab kegiatan monopoli pada bisnis telepon. Salah satu sanksinya yaitu melarang AT&T untuk masuk ke bisnis komputer, sehingga akhirnya UNIX diberikan kepada universitas secara cuma-cuma bersama kode programnya. Sebab Unix dibuat memakai bahasa pemrograman C. Banyak mahasiswa yang mulai mempelajari bahasa ini.

Di tahun 1980an, Bjarne Stroustrop yang juga peneliti dari AT&T, mengembangkan sebuah bahasa pemrograman baru yang berbasis kepada bahasa C. Dia menambahkan pemrograman berbasis objek dan menamakannya dengan C++. Perintah C++ banyak mengambil aturan penulisan dari bahasa C.

Akhirnya, banyak pihak yang mulai beralih meninggalkan Pascal dan memilih C++ atau bahasa pemograman yang lebih baru seperti Java.

Di lain pihak, Borland sebagai produsen utama produk Pascal (dan Dephi) memilih strategi marketing (yang menurut banyak kalangan) dianggap tidak tepat. Borland memilih fokus kepada kalangan industri dan ‘mengabaikan’ pemakai individu dengan membikin harga produk yang kian mahal.

Penerus Delphi: Codegear dan Embarcadero

Di bulan Februari 2006, Borland memutuskan menjual beberapa unit produknya untuk fokus kepada aplikasi ALM (Application Lifecycle Management). Delphi termasuk kepada produk yang mau dilego. Tetapi akhirnya di bulan November 2006, Borland membuat anak perusahaan yang dinamakan Codegear dan memindahkan seluruh team pengembang Delphi kedalam perusahaan ini. Di tahun 2007 Codegear merilis Codegear Delphi 2007.

Di tahun 2008, Codegear akhirnya dibeli oleh perusahaan Embarcadero Technologies, Embarcadero ialah sebuah perusahaan software yang berbasis di San Francisco, California. Sekarang ini Delphi dijalankan dan dikembangkan oleh Embarcadero.

Versi terakhir Delphi ialah Embarcadero Delphi XE7 yang dilansir pada September 2014.

Pascal Saat Ini

Harus diakui bahwa sekarang ini Pascal tak terlalu populer dipakai untuk membuat aplikasi komersial. Bahkan beberapa sumber juga menyebut pascal sebagai ‘dead programming language’ sebab penggunaannya yang relatif jarang.

Tetapi pascal masih jadi bahasa pemrograman pengantar yang banyak dipakai di sekolah/universitas apalagi untuk mengajarkan pemrograman bagi mahasiswa pemula. Pascal lebih disenangi dibandingkan C atau C++ sebab memakai ‘kata-kata’ seperti begin, end, read, dan write dibandingkan dengan symbolic languages seperti C atau C++ yang memakai simbol ““.

Proyek Open Source seperti Free Pascal (www.freepascal.org) menyediakan compiler Pascal yang mendukung berbagai sistem operasi modern, termasuk Linux, Windows 7 dan Windows 8.

Proyek Lazarus (www.lazarus-ide.org) mungkin dapat membawa bahasa Pascal kembali populer untuk mengembangkan aplikasi. Lazarus sangat serupa dengan Delphi ataupun Visual Basci dan bisa dipakai dengan gratis. Bila kamu sudah menguasai Pascal, tak ada salahnya mencoba Lazarus.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat