Pengertian Bahasa Pemrograman Pascal

belajar bahasa pascal
Pascal merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang biasanya dipakai sebagai pengantar untuk mulai belajar algoritma dan pemrograman. Pascal cukup mudah dipelajari sebab perintah-perintahnya yang serupa dengan bahasa inggris setiap hari seperti begin, end, write, dan read.

Pascal diambil dari nama pakar matematika prancis abad pertengahan, Blaise Pascal. Bahasa Pascal di kembangkan oleh Niklaus Wirth di tahun 1970, dan populer dipakai pada era 1970 sampai awal 1990an.

Dari awal dikembangkan, Pascal dirancang untuk kebutuhan akademik. Atas alasan itu pula Pascal masih dipakai dalam berbagai sekolah dan universitas di semua dunia (termasuk Indonesia). Pascal juga jadi bahasa pemrograman yang dipakai pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang komputer.

Fitur Bahasa PASCAL

Pascal mempunyai beberapa fitur yang membuatnya sesuai untuk belajar pemrograman dan untuk membuat aplikasi komersil. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Tipe data bawaan: Pascal mempunyai tipe data standar yang biasa terdapat dalam bahasa pemrograman komputer seperti Integer, Real, Character, dan Boolean.
  • Tipe data bentukan: Pascal membolehkan kita untuk membuat tipe data bentukan yang didefenisikan sendiri.
  • Mempunyai bermacam-macam struktur data: Pascal menyediakan beberapa struktur data seperti Array, Record, File dan Set.
  • Aturan tipe data yang ketat: Pascal membatasi pemakaian tipe data secara ketat. Kita cuma bisa memakai variabel untuk 1 tipe data saja dan variabel itu harus dideklarasikan terlebih dulu.
  • Mendukung struktural programming: Bahasa Pascal dirancang dengan konsep pemrograman terstruktur yang mendukung sub program melalui fungsi dan prosedur
  • Sederhana dan expresif: Pascal banyak memakai perintah-perintah dalam bahasa inggris sederhana, sehingga gampang dimengerti.
  • Mendukung pemrograman objek: Meskipun tak banyak dibahas, namun Pascal juga mendukung pemrograman berbasis objek, utamanya di compiler versi terakhir.

Mengenal Borland Turbo Pascal

Bila membahas aplikasi untuk membuat program memakai pascal, maka yang amat terkenal ialah Turbo Pascal.

Turbo Pascal ialah compiler (program untuk menjalankan bahasa pascal) yang dibuat oleh perusahaan asal Amerika: Borland. Turbo Pascal cuma salah satu dari banyak compiler pascal yang disediakan. Pada periode 1980an, terdapat aplikasi UCSD Pascal, Microsoft Pascal, ataupun QuickPascal yang kesemuanya dipakai untuk menjalankan bahasa pemrograman Pascal.

Compiler Free Pascal

Meskipun populer, Turbo Pascal telah jauh melampaui zamannya. Turbo Pascal versi terkahir (Turbo Pascal 7) dirilis di tahun 1992 untuk sistem operasi Microsoft DOS (MS-DOS) yang dijalankan pada arsitektur 16-bit. Sehingga kita tidak dapat menjalankan aplikasi Turbo Pascal pada sistem operasi modern seperti Windows 7 atau 8 yang memakai arsitektur 32-bit atau 64-bit. Turbo Pascal juga sudah dikembangkan lagi oleh Borland.

Salah satu cara untuk bisa menjalankan aplikasi Turbo Pascal 7 yaitu dengan memakai emulator MS-DOS seperti DOSBox (www.dosbox.com). Emulator ialah sebuah program yang men-simulasikan suatu sistem di dalam sistem lain, sehingga kita dapat menjalankan Turbo Pascal dari dalam DOSBox.

Alternatif lainnya untuk menjalankan Pascal ialah memakai compiler Free Pascal (www.freepascal.org). Free Pascal ialah aplikasi compiler pascal yang terus ditingkatkan sampai sekarang secara sukarela oleh berbagai programmer dari semua dunia. Free Pascal bisa dipakai secara cuma-cuma dan dapat diinstal langsung ke dalam sistem operasi modern tanpa membutuhkan emulator atau aplikasi tambahan.

Dalam tutorial belajar pascal di infanthree ini saya akan memakai freepascal sebab kita tidak direpotkan untuk menginstall emulator dan masalah hak cipta/copyright.

Berhubungan dengan masalah hak cipta, Turbo Pascal 7 sebetulnya aplikasi berbayar dan tidak dirilis dengan gratis. Borland secara resmi merilis Turbo Pascal 1.0, Turbo Pascal 3.02 dan Turbo Pascal 5.5 dengan gratis, tetapi tidak untuk Turbo Pascal 7.

Persoalannya, sekarang ini Borland juga tidak lagi menjual Turbo Pascal 7, sehingga Turbo Pascal 7 yang banyak beredar ialah ‘bajakan’ dari versi aslinya. Oleh sebab itu saya juga menyarakan kamu untuk memakai Free Pascal. Dari sisi fitur dan tampilan, baik Turbo Pascal 7 dan Free Pascal amatlah mirip.

Cara instalasi Turbo Pascal 7 dengan DOSBox dan Instalasi Free Pascal akan saya bahas dalam tutorial terpisah.

Perlukah Belajar Pascal?

Bila kamu melihat lowongan kerja programmer sekarang ini, hampir tak ada yang memerlukan skill bahasa pascal, jadi untuk apa mempelajari pascal?

Sebab berbagai alasan dan sejarah yang panjang, sekarang ini Pascal ‘kalah bersaing’ dengan bahasa pemrograman lain, seperti C, C++, Java bahkan bahasa BASIC (melalui Microsoft Visual Basic). Ini terjadi bukan sebab bahasa Pascal yang tidak ‘bagus’, namun lebih sebab sisi marketing dan kurangnya dukungan Industri.

Sebagai contoh, banyak kalangan yang menganggap Pascal lebih baik dan lebih terstruktur dibandingkan dengan BASIC, tetapi BASIC disokong oleh perusahaan setingkat Microsoft dengan Microsoft Visual Basic, sehingga lebih populer dibandingkan Borland Delphi (aplikasi sejenis Visual Basic yang memakai bahasa Pascal).

Meskipun tidak setenar bahasa C,C++ atau Java, sekarang ini Pascal masih banyak dipakai sebagai bahasa pemrograman pengantar di sekolah dan universitas.

Pascal ialah untuk kamu yang mau mempelajari algoritma dan pemrograman dari dasar, atau pelajar SMA/SMK yang mau mengikuti olimpiade komputer. Pascal juga cocok untuk pelajar SMA yang berniat mengambil jurusan Ilmu Komputer / Teknik Informatika dan mau ‘curi start’ berkenalan dengan bahasa pemrograman.

Bila kamu telah paham garis besar algoritma dan mau menguasai bahasa ‘dunia kerja’, Pascal mungkin tak terlalu cocok. Kamu dapat segera mempelajari C++, C#, Java, Python, atau bahasa pemograman modern lainnya.

Sebagai penutup, sekarang ini juga tersedia aplikasi Lazarus (www.lazarus-ide.org) yang menyediakan fitur mirip Microsoft Visual Basic dan Borland Delphi untuk membuat aplikasi Windows secara cepat. Aplikasi ini dapat dipakai dengan gratis, sehingga bahasa pascal yang kamu pelajari masih dapat dipakai untuk membuat proyek ‘real world’.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat