Jepang Bikin Medali Olimpiade dari HP Bekas

medali dari ponsel bekas

Komite penyelenggara Olimpiade dan Paralimpik 2020, Tokyo, Jepang mengumumkan bakal selesai melaksanakan proyek pembuatan medali dari hasil daur ulang e-waste ( limbah elektronik). Proyek itu digelar semenjak April 2017, dimulai dari mengumpulkan handphone, gadget, dan komponen serta perangkat elektronik bekas sebagai bahan dasar medali pada pesta olahraga dunia itu.

Terdapat sekitar 47.488 ton limbah elektronik yang sudah dikumpulkan oleh berbagai otoritas Jepang, perusahaan swasta, dan para atlet nasional ataupun internasional. Sebagian limbah elektronik itu asalnya dari lima juta handphone bekas yang dikumpulkan di toko-toko NTT Docomo, operator seluler Jepang yang juga menjual handphone

Selain lewat NTT Docomo, pengumpulan limbah elektronik juga dilakukan lewat beberapa posko pengumpulan yang juga tersebar dalam berbagai tempat umum di Jepang, seperti kantor pos.

Puluhan ribu ton limbah elektronik yang dikumpulkan itu lalu akan diekstrak bahan dasar logamnya, guna dijadikan medali perunggu, perak, dan emas. Untuk ekstrasi logam sendiri, komite Jepang sudah memenuhi target 2.700 kg perunggu pada Juni lalu.

Sementara per Oktober 2018, target emas (30,3 kg) baru terpenuhi sekitar 93,7%, dan target perak (4.100 kg) baru terpenuhi sekitar 85,4%. Walau jumlah emas dan perak yang ditargetkan belum terpenuhi, komite penyelenggara Olimpiade dan Paralimpik 2020 yakin bakal memenuhi target itu sebelum proyek pengumpulan limbah elektronik berakhir pada 31 Maret mendatang. Karena, pihaknya menyebut ada cukup bahan (limbah elektronik) untuk mengekstrak ketiga medali itu.

Walau begitu, belum dapat dipastikan bagaimana bentuk medali untuk ajang Olimpiade itu. Tetapi, desain medali diberitakan bakal dikenalkan oleh panitia penyelenggara pada musim panas tahun ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Minggu (10/2/2019).


Butuh jasa pembuatan website di Makassar? kontak kami. Jasa Pembuatan Aplikasi Android, Jasa SEO dan SEM, SMM, Internet Marketing Agency, Social Media Strategist Makassar, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik bisa kami lakukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat