Cara Menjalankan Kode Program Pascal (Membuat File exe)

belajar bahasa pascal

Sesudah menginstall aplikasi Free Pascal atau Turbo Pascal, sekarang waktunya kita mencoba menjalankan kode program Pascal. Dalam tutorial belajar pascal saat ini akan dibahas tentang alur kerja pembuatan dan cara menjalankan kode program pascal (membuat file .exe).

Dalam tutorial ini dan seterusnya, saya lebih banyak memakai aplikasi Free Pascal. Meskipun begitu, kamu tetap dapat mengikuti tutorial ini dari Turbo Pascal 7, sebab dari sisi tampilan serta pilihan menu yang ada, kedua aplikasi ini hampir sama.

Sebagai contoh klasik saat mempelajari bahasa pemrograman baru, dalam tutorial ini kita akan membuat kode program untuk menampilkan teks “Hello World” memakai pascal.

Sebelumnya, saya telah menyiapkan folder “belajar” dimana kode program pascal akan disimpan. Saya menaruh folder ini pada alamat “C:FPC2.6.4”, sehingga akan bersebelahan dengan folder-folder aplikasi Free Pascal lainnya.

Membuat File Baru

Untuk membuat file baru dari dalam Free Pascal (atau Turbo Pascal), silahkan pilih menu File -> New di bagian kiri atas.

Berikutnya, akan tampil layar biru editor pascal yang menawan 🙂

Bila kamu perhatikan, pada bagian tengah atas editor ini terdapat tulisan noname01.pas. Ini merupakan nama file sementara (temporary) sebelum kita menyimpan file pascal. Kamu juga bisa memandang bahwa pascal memakai extension .pas.

Selanjutnya, silahkan ketik kode program berikut ke dalam editor :

program hello_world;
begin
   writeln('Hello World');
   writeln('Sedang belajar pascal...');
   readln;  
end.

Untuk sementara, abaikan saja maksud kode diatas. Kita akan mendiskusikannya dalam dalam tutorial pascal berikutnya.

Menyimpan File Kode Pascal

Meskipun kita dapat menjalankan kode pascal tanpa menyimpannya, tetapi bakal lebih rapi jika setiap program pascal disimpan pada file tersendiri. Untuk menyimpan kode diatas, silahkan pilih menu File -> Save.

Beda dengan jendela Save pada aplikasi Windows lainnya, jendela “Save File As” di dalam Free Pascal atau Turbo Pascal tidak tertalu ‘cantik’ dan terasa kurang familiar. Ini sebab aplikasi Turbo Pascal memang diperuntukkan bagi sistem operasi DOS, bukan Windows yang sudah mempunyai dukungan grafis.

Di bagian bawah jendela, terdapat alamat “C:FPC2.6.4bini386-win32*.pas”. Alamat ini mencerminkan posisi folder sekarang ini. Saya akan mengubahnya jadi “C:FPC2.6.4belajar”, sesuai dengan folder “belajar” yang sudah saya buat sebelumnya.

Pada bagian tengah jendela (Files) terdapat tanda “..”. Tanda “..” dipakai untuk naik 1 folder dari posisi sekarang. Silahkan double-klik tanda “..”.

Sebentar tidak terlihat perubahan apa-apa. Tetapi bila kamu perhatikan, pada bagian Name, akan terisi “..*.pas”

Double-klik sekali lagi tanda “..”. Saat ini pada bagian Files akan tampak “i386-win32”. Dan posisi alamat folder di bawah jendela akan berganti jadi “C:FPC2.6.4bin*.pas”. Yang artinya kita telah naik 1 folder.

Kembali double klik tanda “..”. Saat ini kamu akan melihat beberapa folder muncul pada bagian Files. Alamat folder pada bagian bawah juga sudah berubah jadi “C:FPC2.6.4”. Kita telah naik 2 folder.

Sebab saya mau menyimpan file kode pascal itu di dalam folder “belajar”, double-klik nama folder “belajar”. Bila betul, pada bagian bawah jendela akan berganti jadi “C:FPC2.6.4belajar*.pas”. Inilah alamat yang saya tuju.

Sebagai tahap terakhir, hapus teks “..*.pas” di bagian Name, kemudian ketik: “hello” atau “hello.pas” dan klik OK.

Jendela Save akan menghilang dan kita kembali ke editor kode program. Di tengah atas editor, tampak alamat C:FPC2.6.4belajarhello.pas. Inilah tempat penyimpanan file kode program kita saat ini.

Supaya lebih yakin, silahkan periksa isi folder C:FPC2.6.4belajar melalui Windows Explorer. Akan terdapat file hello.pas yang baru saja kita buat.

Men-compile Kode Pascal (Membuat File .exe)

Sesudah menyimpan file, langkah berikutnya ialah men-compile kode program itu. Secara simpel, compile ialah sebuah proses untuk membuat program executable (file .exe) berdasarkan kode yang sudah dibuat.

Proses compile sebetulnya cukup rumit. Pada umumnya sebuah compiler akan merubah kode yang kita buat jadi apa yang dimaksud dengan object code. Object code berikutnya diproses lagi jadi program executable, yaitu file dengan akhiran *.exe yang merupakan hasil akhir aplikasi.

Dalam jurusan ilmu komputer / teknik informatika, proses compile ini dipelajari dalam mata kuliah khusus: Teknik Kompilasi. Kamu tidak perlu mengetahui proses compile untuk dapat mempelajari bahasa pemrograman pascal.

Untuk men-compile kode program pascal, pilih menu Compile -> Compile. Atau pakai shortcut ALT+F9.

Saat melalukan proses compile, program Free Pascal (atau Turbo Pascal) akan memproses semua kode program dan menampilkan error (bila ada) atau menampilkan keterangan “Compile sucessfull: Press any key” bila berhasil.

Silahkan klik tombol sembarang untuk keluar dari pemberitahuan hasil compile.

Bila kamu telah melakukan proses compile dan sukses. Periksa kembali folder “belajar” memakai Windows Explorer. Jika memakai Free Pascal, akan tampak 3 buah file: hello.pas, hello.o dan hello.exe.

Buat yang memakai Turbo Pascal, cuma akan tampak file hello.pas dan hello.exe.

Jika kamu memakai Turbo Pascal dan tidak melihat file hello.exe, ini dikarenakan hasil compile Turbo Pascal di taruh di “memory”, bukan di dalam “disk”. Kamu dapat memeriksanya dari menu Compile -> Destination. Bila tertera Destination Memory seperti berikut ini:

Klik menu itu untuk mengubahnya jadi Destination Disk.

Kemudian compile ulang memakai menu Compile -> Compile.

File hello.pas merupakan file kode pascal yang kita save sebelumnya. Sedangkan file hello.o ialah object code yang dipakai secara internal oleh Free Pascal (di dalam Turbo Pascal kamu tak akan menemukan file ini). Dan file hello.exe ialah program hasil kode pascal yang kita buat sebelumnya.

Sepanjang membuat kode program pascal nantinya, kamu barangkali juga akan mendapatkan beberapa file tambahan seperti *.bak untuk file bakcup.

Kita dapat segera menjalankan file hello.exe seperti pantasnya sebuah aplikasi Windows bila kamu mengunakan Free Pascal. Silahkan double-klik file hello.exe:

Tetapi bila kamu memakai Turbo Pascal 7 pada sistem operasi Windows 64-bit, kamu tidak akan dapat menjalankan file hello.exe secara langsung dari Windows Explorer. Ini terjadi sebab Turbo Pascal 7 tidak dirancang menghasilkan program yang dapat berjalan di komputer modern. Sebagai solusinya, kita perlu men-run kode itu dari dalam editor Turbo Pascal.

Menjalankan Kode Program Pascal (run)

Dalam tutorial diatas, kita sudah berhasil menjalankan program pascal di luar editor (memakai Windows Explorer). Aplikasi Free Pascal (dan juga Turbo Pascal) menyediakan cara yang lebih praktis untuk menjalankan hasil kode pascal dari dalam editor. Caranya, pilih menu Run -> Run, atau memakai shortcut CTRL+F9.

Silahkan kembali ke program Free Pascal / Turbo Pascal, dan jalankan menu run. Saat ini hasil program akan ditampilkan langsung dari editor. Tekan tombol sembarang untuk kembali ke editor.

Sepanjang pembuatan program, bakal lebih praktis bila kita memakai menu ini. Terlebih, saat memilih menu Run, aplikasi Free Pascal/Turbo Pascal akan otomatis juga men-compilenya kode itu. Tombol CRTL+F9 akan jadi salah satu tombol yang amat sering kamu pakai.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat