Cara Mendownload dan Menginstall Compiler Turbo Pascal 7

belajar bahasa pascal

Meskipun saya menganjurkan untuk memakai compiler Free Pascal yang lebih baru, tetapi tak ada salahnya bila kamu memilih memakai Turbo Pascal. Apalagi, compiler Turbo Pascal 7 mempunyai aspek sejarah dan pernah jadi aplikasi yang amat populer pada zamannya.

Bila kamu memilih untuk memakai Free Pascal, silahkan lewatkan tutorial saat ini dan lanjut dengan tutorial selanjutnya.

Mengenal Turbo Pascal 7

Pada era ‘keemasan’ bahasa pemrograman Pascal pada tahun 1980-an, Borland Turbo Pascal merupakan aplikasi compiler pascal paling populer waktu itu.

Bila kamu mencari informasi tentang Turbo Pascal, versi yang amat biasa dipakai saat ini merupakan Turbo Pascal 7. Turbo Pascal 7 merupakan compiler Pascal terakhir yang dilansir oleh Borland di sistem operasi MS-DOS. Sesudah itu Borland beralih mengembangkan Delphi untuk sistem operasi Windows. Meskipun Delphi juga merupakan compiler Pascal, namun tak terlalu cocok dipakai untuk belajar programming.

Sepanjang perjalannya, Borland merilis 10 versi Turbo Pascal, terdiri atas 8 versi untuk sistem operasi DOS, dan 2 untuk sistem operasi Windows 3.0. Berikut ialah daftar terkait versi dan tanggal perilisan Borland Turbo Pascal:

  • Turbo Pascal 1 – November 20, 1983 – versi pertama, 64kb limit, CP/M-80, CP/M-86, DOS
  • Turbo Pascal 2 – April 17, 1984 – 8087 support via optional compiler
  • Turbo Pascal 3 – September 17, 1986 – overlays, 8087 compiler, BCD compiler
  • Turbo Pascal 4 – November 20, 1987 – separately compiled units
  • Turbo Pascal 5 – August 24, 1988 – integrated debugging, dynamic overlays
  • Turbo Pascal 5.5 – May 2, 1989 – mendukung pemrograman object
  • Turbo Pascal 6 – October 23, 1990 – Dirilis juga dengan nama Turbo Vision
  • Turbo Pascal for Windows 1.0 – February 13, 1991 – versi pertama untuk 16-bit Windows 3.0, Object Windows Library, Whitewater Resource Toolkit (WRT)
  • Turbo Pascal for Windows 1.5 – June 8, 1992 – Windows 3.1, Resource Workshop, versi terakhir untuk Windows.
  • Turbo/Borland Pascal 7 – October 27, 1992 – DPMI 16/32 bit, versi terkahir untuk MS DOS

Seperti yang tampak dari list diatas, Borland mengulang penomoran Turbo Pascal dari versi DOS kepada versi Windows. Turbo Pascal 7 dan Turbo Pascal for Windows 1.5 dirilis di waktu yang hampir bersamaan, sehingga keduanya mempunyai fitur yang sama. Tetapi sebab angka “7” lebih tinggi dari angka “1.5” banyak yang menganggap Turbo Pascal 7 ialah versi paling terkahir.

 

Sebelum kita mulai menginstall Turbo Pascal 7, ada sejumlah aspek yang mesti dibahas terkait aplikasi ini.

Meskipun Turbo Pascal 7 bisa kamu temukan dengan gampang di internet, tetapi sebetulnya aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar (mempunyai hak cipta). Borland memang men-gratiskan beberapa versi Turbo Pascal (versi 1.0, 3.02, dan 5.5), tetapi tidak untuk Turbo Pascal 7.

Bila mau memakai Turbo Pascal 7 secara ‘legal’, kita perlu membeli aplikasi ini dari Borland. Masalahnya, sekarang ini Borland sudah menjual Turbo Pascal 7, sehingga kita ‘terpaksa’ memakai aplikasi non-legal.

Keterbatasan dukungan sistem operasi juga jadi masalah lainnya. Borland Turbo Pascal 7 dirilis di tahun 1992 untuk sistem operasi Microsoft DOS. Di waktu itu, komputer masih memakai arsitektur 16 bit. Sekarang ini, kita umumnya memakai Sistem Operasi Linux/Windows dengan arsitektur64-bit. Sehingga aplikasi ‘jadul’ seperti Turbo Pascal 7 tidak dapat dijalankan pada Windows vista, 7 atau Windows 8.

Untuk menjalankan Turbo Pascal 7 di dalam sistem operasi modern, kita perlu memakai emulator MS-DOS. Emulator ialah sebuah program yang men-simulasikan sistem lain. Emulator MS-DOS akan membuat sebuah sistem DOS di dalam Windows. Aplikasi emulator yang akan kita pakai ialah DOSBox.

Baiklah, langsung saja kita mulai proses Instalasi Turbo Pascal 7 dengan memakai DOSBox.

Khusus untuk Sistem Operasi Windows XP/Windows Vista / Windows 7 dengan arsitektur 32-bit, kamu barangkali dapat menjalankan Turbo Pascal secara langsung tanpa perlu memakai DOSBox, namun bila tidak dapat, terpaksa mengikuti tahap-tahap dibawah berikut 🙂

Menginstall Aplikasi DOSBox

Emulator MS-DOS: DOSBox, bisa didapatkan dengan gratis melalui website resminya di alamat www.dosbox.com.

Dari halaman awal, pilih menu download di bagian atas situs.

Kemudian pilih sistem operasi yang diharapkan. Saat ini saya memilih Windows.

Kita akan dibawa ke situs SourceForge dan proses download akan segera berjalan. Aplikasi DOSBox berukuran kecil, cuma 1,4 MB. Versi DOSBox yang saya pakai saat membuat tutorial ini merupakan versi 0.74.

Sesudah file instalasi DOSBox selesai di download, silahkan double klik file DOSBox0.74-win32-installer.exe untuk memulai proses instalasi.

Jendela pertama ialah “License Agreement”, di dalam halaman ini kamu bisa memandang bahwa DOSBox dirilis dengan lisensi GNU General Public License. Klik Next untuk melanjutkan.

Pada jendela kedua “Installation Options”, kita dapat memilih komponen apa saja yang mau diinstall. Sebab pilihan yang disediakan cuma 2 : Core files dan Desktop Shortcut, biarkan keduanya terchecklist, dan tekan tombol Next.

Pada jendela “Installation Folder”, kita dapat memilih dimana tempat instalasi. Secara default, tempat yang akan dipakai yaitu di C:Program Files (x86)DOSBox-0.74, tempat ini sebab saya memakai Windows 7 64-bit. Bila kamu menerapkan sistem 32-bit, maka lokasinya akan berada di C:Program FilesDOSBox-0.74.

Saya akan membiarkan tempat default dan men-klik tombol Install. Proses instalasi akan berlangsung beberapa waktu.

Bila tak ada masalah akan tampak keterangan “Complete” yang tandanya instalasi sudah berhasil. Tekan tombol Close untuk menutup jendela.

Jika kamu melihat ke tampilan desktop, akan terdapat shortcut DOSBox. Double klik untuk menjalankan aplikasi ini.

 

Mendownload Turbo Pascal 7

Sesudah DOSBox berhasil diinstall, langkah berikutnya ialah menjalankan Turbo Pascal 7 dari dalam DOSBox. Tetapi sebelumnya, kita perlu mendownload file program Turbo Pascal 7.

Seperti yang saya bahas di awal tutorial ini, Turbo Pascal 7 tidak tersedia secara resmi. Kamu dapat mencari aplikasi ini pada internet. Turbo Pascal 7 berukuran berkisar 1,8 MB dalam format Zip.

Sesudah berhasil di unduh, un-zip isi file itu. Supaya mudah diakses, saya akan menaruhnya di dalam drive C, sehingga alamatnya berada di C:TP. Di dalam folder TP ini kamu dapat melihat folder-folder lain penyusun Turbo Pascal 7.

 

Aplikasi Turbo Pascal (TURBO.EXE) berada di dalam folder BIN. Bila kamu mencoba menjalankan file ini, akan timbul keterangan Error bahwa Windows tidak bisa melaksanakannya (sebab berbeda arsitektur processor). Untuk itu, kita perlu memakai DOSBox.

 

Menjalankan Turbo Pascal 7 dengan DOSBox

Untuk menjalankan Turbo Pascal 7 dari dalam DOSBox, kita akan mengetik beberapa perintah DOS. Perintah ini dipakai untuk mengakses folder TP di dalam drive C. Bila kamu menaruh folder Turbo Pascal bukan di C:TP, silahkan lakukan beberapa pengesuaian. Silahkan jalankan kembali DOSBox bila kamu belum membukanya.

Perintah pertama yang kita pakai ialah:

MOUNT X C:TP

Silahkan ketik perintah di atas di dalam DOSBox, kemudian tekan ENTER. DOSBox tidak mempermasalakna pemakaian huruf besar atau kecil (case insensitive). Bila kamu mengetiknya dengan betul, akan ditampilkan konfirmasi:

Drive X is mounted as local directory C:TP

Perintah diatas dipakai untuk ‘menghubungkan’ folder Turbo Pascal 7 di tempat C:TP dengan drive ‘virtual’ X. Drive virtual ini cuma dipakai di dalam DOSBox. Kamu juga bisa memakai huruf lain, seperti C, D, Y dll. Saya memilih X cuma untuk contoh saja supaya terkesan lebih keren 🙂

Selanjutnya, ketikkan perintah berikut dan akhiri dengan tombol ENTER:

X:

Perintah diatas dipakai supaya DOXBox pindah dari drive default di Z ke drive X yang baru saja kita buat. Kamu bisa perhatikan bahwa sesudah mengetikkan perintah itu, terdapat karakter X:> di awal perintah DOSBox.

Selanjutnya, kita akan memeriksa apakah di dalam drive X ini memang folder Turbo Pascal. Lakukan dengan perintah berikut, akhiri dengan tombol ENTER:

DIR

Perintah DIR dipakai untuk menampilkan semua folder sekarang ini. Bila kamu mengikuti langkah-lahkan diatas dengan betul, akan tampak daftar folder yang merupakan isi dari folder C:TP. Perintah ini sebetulnya tidak dibutuhkan, cuma untuk memastikan saja.

Untuk tahap terakhir, kita tinggal mengakses file TURBO.EXE yang ada di dalam folder BIN. Ketikkan perintah berikut, dan akhiri dengan ENTER:

BINTURBO.EXE

Dan…. Borland Turbo Pascal 7 siap dipakai.

Bila kamu mengalami hambatan saat mengetik kode-kode diatas, berikut ialah print screen perintah yang saya pakai:

Selain mengetik BINTURBO.EXE, kamu juga dapat memakai BINTPX.EXE. Keduanya bisa dipakai untuk menjalankan Turbo Pascal.

Memakai Mouse pada DOSBox Turbo Pascal

Saat Turbo Pascal mulai berjalan, hal pertama yang boleh jadi kamu lakukan ialah melihat-lihat menu yang ada memakai mouse. Tetapi tanpa kamu sadari, cursor mouse kita ‘tertahan’ di dalam DOSBox. Untuk melepaskan cursor mouse, klik tombol CTRL+F10. Perpaduan tombol ini harus kamu pakai tiap kali mau beralih dari DOSBox ke Windows.

Untuk membuat tombol mouse otomatis keluar-masuk dari Windows ke DOSBox (dan sebaliknya) tanpa harus menekan perpaduan CRTL+F10, kita dapat melakukan sedikit perubahan file konfigurasi DOSBox.

Caranya, buka menu file pengaturan DOSBox dari Start Menu -> All Program -> DOSBox-0.74 -> Options -> DOSBox-0.74 Options.

Akan tampil aplikasi Notepad yang berisi semua pengaturan DOSBox. Di bagian atas file konfigurasi, cari baris teks berikut:

autolock=true

Dan ubah jadi:

autolock=false

Save pengaturan dengan memencet CRTL+S, atau dari menu File-> Save. Tutup Notepad, dan coba jalankan DOSBox kembali. Saat ini mouse akan otomatis berpindah tanpa di ‘lock’ oleh DOSBox.

Autorun Turbo Pascal dari DOSBox

Perintah-perintah untuk menjalankan Turbo Pascal dari dalam DOSBox yang kita lalukan diatas, harus dijalankan tiap kali membuka DOSBox. Hal ini amat menyusahkan. Untungnya kita dapat merubah sedikit pengaturan DOSBox supaya Turbo Pascal 7 langsung berjalan saat membuka DOSBox.

Buka kembali menu file pengaturan DOSBox dari Start Menu -> All Program -> DOSBox-0.74 -> Options -> DOSBox-0.74 Options.

Saat ini, scroll sampai bagian akhir, sampai kamu mendapatkan baris berikut:

[autoexec]
# Lines in this section will be run at startup.
# You can put your MOUNT lines here.

Tambahkan beberapa baris perintah berikut dibawah teks itu:

mount x c:tp
x:
binturbo.exe
exit

Sehingga tampilannya jadi semacam dibawah berikut:

Save pengaturan, dan restart DOSBox. Bila tak ada masalah, Turbo Pascal akan segera berjalan saat DOSBox dibuka.

Menampilkan DOSBox Turbo Pascal secara Full Screen

Bila kamu merasa kurang nyaman dengan tampilan jendela DOSBox yang lumayan kecil, kita dapat memperbesarnya dengan memencet tombol ALT+ENTER saat berada di dalam DOSBox ataupun Turbo Pascal. Perpaduan tombol yang sama juga dapat dipakai untuk keluar dari tampilan Full Screen.

Jika kamu mengalami hambatan mouse tidak dapat dipakai dalam mode Full Screen, kita perlu merubah sedikit pengaturan dari DOSBox. Buka file konfigurasi DOSBox dari Start Menu -> All Program -> DOSBox-0.74 -> Options -> DOSBox-0.74 Options.

Di bagian atas file konfigurasi, cari baris teks berikut:

output=surface

Dan ubah jadi:

output=overlay

Save pengaturan, dan restart DOSBox.

Membesarkan Jendela DOSBox Turbo Pascal (non-Full Screen)

Jika kamu mau tampilan DOSBox Turbo Pascal jadi Full Screen (dimana seluruh toolbar windows juga akan tertutup), kamu bisa membesarkan jendela DOSBox Turbo Pascal tetapi tidak dalam versi Full Screen.

Untuk melakukan hal ini, kita kembali memakai file pengaturan DOSBox. Buka kembali file ini dari Start Menu -> All Program -> DOSBox-0.74 -> Options -> DOSBox-0.74 Options.

Di bagian atas file konfigurasi, saat ini ubah settingan:

windowresolution=original

jadi

windowresolution=1024×768

Save pengaturan, dan restart DOSBox. Kamu bisa merubah nilai diatas untuk menyesuaikan ukuran jendela.

Merubah Setingan CRTL+F9 dari DOSBox

Secara default, DOSBox memakai perpaduan tombol CRTL+F1 hingga tombol CRTL+F12 sebagai shortcut fungsi-fungsi DOSBox. Masalahnya, Turbo Pascal juga memakai perpaduan tombol-tombol ini. Terutama tombol CRTL+F9 yang dipakai untuk menjalankan program pascal (run). Meskipun kamu bisa melaksanakannya dengan memilih menu run di dalam Turbo Pascal, shortcut tombol ini amat praktis.

Oleh DOSBox, perpaduan tombol CRTL+F9 dipakai untuk keluar dari aplikasi (shutdown). Kita perlu merubah fungsi ini dengan metode sebagai berikut:

  1. Klik tombol CRTL+F1 untuk masuk ke menu shortcut DOSBox.
  2. Cari kotak dengan tulisan “Shutdown”, klik kotak ini. Kotak Shutdown akan berwarna hijau.
  3. Klik kotak “Del” pada bagian tengah bawah
  4. Klik kotak “Add”, kemudian klik tombol “q” di keyboard.
  5. Klik kotak “mod1” pada bagian kanan bawah
  6. Akhiri dengan klik kotak “Save”

Tahap-tahap diatas dipakai untuk merubah shortcut shutdown DOSBox dari CRTL+F9 jadi CTRL+Q, sehingga kita dapat memakai tombol CRTL+F9 untuk menjalankan (run) aplikasi pascal.

Kamu juga dapat melakukan hal yang sama untuk merubah perpaduan tombol lain seperti CRTL+F1 yang dipakai untuk menu help di dalam Turbo Pascal.

 

Mengatasi Error: Invalid file name or extension dalam Turbo Pascal

Meskipun tidak berefek, pada beberapa kasus kamu akan menemukan error “Error: Invalid file name or extension” saat pertama kali menjalankan Turbo Pascal. Error ini terjadi sebab Turbo Pascal mencari file awal untuk ditampilkan.

Error ini sebetulnya tak terlalu masalah, sebab kamu dapat menekan tombol OK, dan Turbo Pascal dapat kembali dipakai.

Untuk menghilangkan pesan error itu, jalankan langkah-lahkan berikut:

  1. Sesudah men-klik tombol OK dari pesan error, buat file pascal baru dari menu File -> New.
  2. Bila halaman kosong telah tampil, selanjutnya cari menu Options -> Save BINTURBO.TP

Sekarang, pesan error itu tak akan timbul lagi.

Aplikasi Turbo Pascal 7 for Windows 7/8/8.1/9

Jika kamu tidak ingin direpotkan dengan menginstall DOSBox secara manual, sekarang ini telah tersedia aplikasi instant yang untuk menjalankan Turbo Pascal. Aplikasi “Turbo Pascal 7 for Windows 7/8/8.1/9” dapat kamu download dari alamat berikut: http://sourceforge.net/projects/turbopascal7/.

Pada hakikatnya, aplikasi ini menggabungkan proses instalasi DOSBox, Turbo Pascal dan seluruh setingannya dalam 1 kali proses instalasi.

Meskipun praktis, kamu akan sedikit kesulitan bila mau mencari file konfigurasi DOSBox.

Demikianlah tutorial cara install aplikasi Turbo Pascal 7 memakai DOSBox. Kamu bisa memilih memakai Turbo Pascal 7 atau Free Pascal. Dalam tutorial belajar pascal di infanthree ini saya akan memakai Free Pascal. Meskipun demikian, tampilan dan cara pemakaian kedua complier pascal ini relatif sama.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat