Tips Membuat Password Yang Kuat Tetapi Mudah Di Ingat

Tips Membuat Password Yang Kuat Tetapi Mudah Di Ingat

Berita dengan judul ” Tips Membuat Password Yang Kuat Tetapi Mudah Di Ingat” ini bisa Kamu lihat disini, dan masih banyak berita teknologi ter-baru lainnya.

Tips Membuat Password Yang Kuat Tetapi Mudah Di Ingat – Dunia internet kian rentan bersamaan banyaknya aksi peretasan yang dilakukan para pelaku kejahatan digital. Tiap hari selalu saja ada orang yang mengaku jadi korban dari aksi peretasan di internet.

Utamanya untuk mereka para netizen yang aktif di layanan media sosial seperti Facebook, Twitter, ataupun Instagram,bahkan kadang-kadang pemakai layanan surat elektronik atau e-mail serta akun akun untuk bertransaksi online seperti Paypal juga tidak luput dari aksi pencurian informasi sensitif terutama password untuk login.

Bila di analogikan secara gurauan password seperti halnya seperti celana dalam. Kamu perlu menggantinya dengan teratur, jangan biarkan orang lain memakainya, dan sembunyikan supaya orang lain tidak bisa menatapnya. Idealnya, sebuah password semestinya tidak gampang ditebak oleh orang lain, dan cuma kamu sendiri yang mengetahuinya.

Tetapi pada penerapannya, banyak orang yang memilih membuat password yang gampang diingat, seperti nama, tanggal lahir, nomor telepon, atau kata-kata lain yang gampang ditebak. Beberapa assword yang amat populer digunakan orang ialah “123456”, “123456789”, bahkan kata “password” itu sendiri.

Mungkin masih segar di ingatan para pembaca sekaligus insiden peretasan oleh hacker yang menamai dirinya Ourmine yang menghack sejumlah kaun akun social media pesohor dunia.

Salah satunya ialah akun media sosial Linkedin punya CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Hacker berhasil mengusai akun Linkedin orang nomer satu di Facebook ini dan mengumbar informasi password yang di pakai yang cuma memakai kata “dadada“.

Bagaimana Idealnya Sebuah Password ?

Sebuah password haruslah minimal terdiri atas 6-8 karakter- terdiri atas gabungan huruf, angka, dan simbol. Selain faktor keamanan server,para pembaca sendiri sebagai pemakai tidak dapat lepas tangan terkait keamanan dan privasi akun.

Pasalnya tak ada sistem yang betul-betul aman, setidaknya itulah prinsip yang dipegang teguh oleh para hacker. Password cuma satu diantara banyak faktor yang jadi benteng pertahanan.

Terus bagaimana cara praktis membuat password yang kuat tetapi gampang diingat dan susah ditebak oleh attacker?

Pada intinya kian panjang password yang dipakai, akan kian susah hacker menebaknya. Karena hacker akan memerlukan banyak waktu untuk membobolnya, walau dengan teknik yang amat canggih. Sebaliknya, kian sedikit karakter password, kian besar peluang ditebak.

Password yang amat banyak digunakan umumnya terdiri atas 6-8 karakter.Tetapi yang jadi masalah, tidak seluruh orang dapat mengingat password yang panjang. Intinya bukan soal panjang pendeknya password, namun buatlah kreatifitas. Jadi walaupun password Kamu tak begitu panjang, namun tetap susah ditebak.

Tips Membuat Password Yang Kuat Tetapi Mudah Di Ingat

Caranya, buatlah frase atau kalimat yang gampang diingat. Contohnya yang menggambarkan mengenai diri Kamu atau kehidupan Kamu. Misalnya “I Falling in Love With Sushi on 2013”. Kemudian ambil huruf pertama dari setiap kata, sehingga passwordnya jadi: “IFiLWSo2013”.

Secara persyaratan, password itu sudah memenuhi syarat sebagai password yang relatif kuat sebab terdiri atas 11 karakter, huruf besar dan kecil serta angka. Bila mau lebih strong lagi bisa ditambahkan karakter simbol, ganti huruf I jadi simbol “!” supaya kian susah ditebak.

Satu hal lain yang harus kamu di ingat ialah, jangan sampai sebab mau tampak kuat dan sulit di tebak justru suatu waktu kamu sendiri yang kesusahan saat mau memakai password itu. Oleh karena itu pastikanlah kalimat atau frasa yang mau di pakai harus betul-betul kamu ingat sebelumnya.

Sebagai gambaran mudah dalam tips membuat password yang relatif kuat ialah, kamu dapat mengganti huruf jadi angka atau simbol untuk menyulitkan orang lain menebak password Kamu. Pernahkah kamu melihat tulisan anak alay beberapa saat yang lalu yang sempat jadi hits ? mungkin cara itu dapat kamu pakai dalam merangkai password yang kuat.

Mengganti beberapa abjad jadi angka mungkin dapat jadi salah satu alternatif yang layak di coba. pastinya perlu lebih dulu menentukan password apa yang akan kamu pakai, berikutnya kamu tinggal mengkonversi atau mengganti bagian huruf dengan angka sesuai yang kamu harapkan.

Mungkin tips membuat password di atas tidak dapat seratus persen ampuh untuk menghindari aksi peretasan. Sebab pelaku kejahatan digital memiliki banyak modus lain yang dapat pakai. Tetapi setidaknya dengan memakai password yang susah untuk di tebak kamu bisa sedikit bernafas lega sebab dengan seperti itu akan memerlukan waktu yang lama untuk para hacker untuk mengambil alih akun akun punya kamu.

Itulah artikel mengenai ” Tips Membuat Password Yang Kuat Tetapi Mudah Di Ingat “.Meskipun Kamu telah selesai menyimak berita ini, Kami menganjurkan untuk membaca berita aslinya secara keseluruhan.

Silahkan ke situs officialnya dengan searching di google dengan judul ” Tips Membuat Password Yang Kuat Tetapi Mudah Di Ingat ” untuk melihat artikel oroginalnya supaya tidak terjadi kesalahan makna informasi
Sumber: recode id


Butuh jasa pembuatan website di Makassar? kontak kami. Jasa Pembuatan Aplikasi Android, Jasa SEO dan SEM, SMM, Internet Marketing Agency, Social Media Strategist Makassar, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik bisa kami lakukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *