Sistem Informasi Terintegrasi dan Cloud Dukung Mudik Gratis BUMN 2018

Sistem Informasi Terintegrasi dan Cloud Dukung Mudik Gratis BUMN 2018

Berita dengan judul ” Sistem Informasi Terintegrasi dan Cloud Dukung Mudik Gratis BUMN 2018″ berikut bisa Kamu baca disini, dan masih banyak berita teknologi terupdate lainnya.

Foto: Kementrian BUMN

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini beberapa Badan Usaha Punya Negara (BUMN) kembali menyelenggarakan acara mudik gratis menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tetapi yang berbeda ialah acara mudik gratis saat ini disokong oleh sistem informasi terintegrasi dan infrastruktur berbasis cloud.

Aktivitas mudik pada hari raya telah jadi satu kegiatan tetap di tengah masyarakat kita. Tidak heran  bila acara mudik gratis yang setiap tahun difasilitasi oleh beberapa instansi pemerintah jadi sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Oleh sebab itu secara khusus Kementrian BUMN membentuk Satuan Tugas (Satgas) khusus Mudik 2018 melalui SK Mentri BUMN di bulan Januari lalu. “Dan Jasa Raharja ditunjuk sebagai Ketua Satgas Mudik 2018 ini,” jelas Tri Haryanto, Kepala Divisi teknologi Informasi & Komunikasi, Jasa Raharja.

Satgas ini bertugas mempersiapkan dan mengkoordinasikan hal-hal terkait armada, jumlah peserta, jalur, dan hal-hal lainnya diperlukan dalam kegiatan itu. “Nah, hal-hal lain di sini termasuk TI-nya,” kata Tri Haryanto.

Untuk mendukung aktifitas yanga melibatkan 62 BUMN itu diperlukan satu sistem terintegrasi. “Sebab mustahil setiap direksi BUMN melapor ke Kementrian (BUMN) secara manual tiap hari. Biarlah kementrian melihat hasilnya sendiri. Sehingga dibuatlah satu sistem terintegrasi di antara 62 BUMN ini,” papar Tri Haryanto.

Berpengalaman mengurus sistem untuk kegiatan mudik gratis selama sepuluh tahun, tim TI Jasa Raharja pun diminta untuk membangun satu sistem yang dapat mengintegrasikan seluruh kebutuhan kegiatan mudik gratis  di seluruh BUMN.

Tujuannya yaitu supaya informasi terkait kegiatan ini dapat dibaca dan dipantau dengan gampang oleh Kementrian BUMN melalui dashboard.  Sistem terintegrasi juga akan mempermudah masyarakat dalam mendapat informasi mengenai kegiatan mudik gratis  BUMN. Dengan sistem terintegrasi, BUMN juga akan mendapat big data pemudik yang bisa dipakai untuk meningkatkan pelayanan mudik gratis pada tahun depan.

Dua Pilihan Implementasi

Membangun sistem terintegrasi tentu bukan hal mudah, terlebih lagi tidak seluruh BUMN peserta telah mempunyai sistem untuk melayani mudik gratis.

“Untuk itu, sebagai tahap pertama, kami menginventarisir BUMN mana saja yang telah pernah menerapkan sistem mudik. Ternyata telah cukup banyak yang memiliki, sekitar 25%,” papar Tri Haryanto. Berdasarkan hasil inventarisasi itu, tim TI Jasa Raharja membuat dua pilihan: menerapkan sistem yang telah ada dengan membuka API untuk pengiriman data host to host atau menerapkan sistem cloud yang telah disiapkan oleh Jasa Raharja.

Langkah berikutnya ialah tim TI Jasa Raharja melakukan modifikasi terhadap sistem informasi mudik Jasa Raharja yang telah ada, sebagai basis sistem mudik BUMN. “Basic system kita copy ke cloud dan kita modifikasi supaya lebih general, namun tak ada perubahan dari sisi sistem operasi dan database,” jelas Tri Haryanto.  Proses modifikasi dan deployment di infrastruktur cloud berlangsung dalam waktu cukup singkat, yaitu tiga pekan.  Langkah ketiga dan keempat ialah mensosialisasikan sistem itu kepada seluruh tim TI BUMN yang terlibat dan menguji aplikasi masing-masing sampai mereka familiar dengan sistem itu.

Semudah Aplikasi Reservasi Tiket

Masyarakat calon pemudik bisa mengakses informasi seputar mudik gratis BUMN melalui portal www.mudikbarengbumn.co.id dengan kemudahan reservasi a la aplikasi-aplikasi pemesanan tiket transporasi yang telah kita kenal.

Di situs yang go live tanggal 13 April itu, calon pemudik diminta memasukkan kota asal dan tujuan mudik. Kemudian sistem akan memampangkan sejumlah BUMN yang melayani jalur mudik gratis ke tujuan itu berikut jadwal pendaftaran dan keberangkatannya.

“Ada tiga tipe mudik yang  kami fasilitasi. Pertama, mudik pulang pergi. Lalu kedua, cuma berangkat atau pulangnya saja, dan ketiga, pulang mudik,” jelas Tri Haryanto.

Sistem terintegrasi ini akan melayani 203.983 pemudik tahun ini yang akan memakai empat moda transportasi berupa bus (3400), kapal laut (61), kereta api  (140 gerbong), dan pesawat (8). Kegiatan mudik gratis BUMN 2018 ini melayani jalur ke 108 kota, yang menjangkau sampai ke wilayah timur Indonesia.

Demikianlah kabar mengenai ” Sistem Informasi Terintegrasi dan Cloud Dukung Mudik Gratis BUMN 2018 “.Meskipun Kamu sudah selesai membaca artikel ini, Kami menganjurkan untuk membaca berita aslinya secara mendalam.

Silahkan ke situs officialnya dengan searching di search engine dengan judul ” Sistem Informasi Terintegrasi dan Cloud Dukung Mudik Gratis BUMN 2018 ” untuk melihat artikel oroginalnya agar tidak terjadi perbedaan makna informasi
Sumber: grid id


Butuh jasa pembuatan website di Makassar? kontak kami. Jasa Pembuatan Aplikasi Android, Jasa SEO dan SEM, SMM, Internet Marketing Agency, Social Media Strategist Makassar, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik bisa kami lakukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *