Penjelasan Operator String dalam PHP

tutorial belajar PHP untuk pemula

String merupakan tipe dasar yang amat biasa dipakai dalam PHP. Dalam tutorial saat ini kita akan mengulas jenis dan cara pemakaian operator string dalam PHP (String Operators).

Operator String dalam PHP

Dalam PHP, cuma terdapat satu macam operator String, yaitu operasi penyambungan (concatenation) string. Operator ini memakai karakter titik (.).

Operator penyambungan string ini memerlukan 2 inputan yang bertipe data string. Hasil dari operator ini merupakan sebuah string yang terdiri atas sambungan kedua string itu.

Cara Pemakaian Operator String di dalam PHP

Berikut ialah contoh kode program cara pemakaian operator string dalam PHP:

<?php
$a = "Hello ";
$hasil = $a . "World!";
echo $hasil; // Hello World!
echo "<br />";
$a = "belajar ";
$b = "PHP ";   
$c = "di Infanthree.com";   
$hasil= "Saya sedang ".$a.$b.$c;
echo $hasil; // Saya sedang belajar PHP di Infanthree.com
?>

Pada kode program diatas, saya menyambung beberapa string sederhana memakai operator concatenation (tanda .).

Cara Alternatif Pemakaian Operator String

Didalam PHP, tanda kurung kurawal (karakter ) untuk variabel bisa berguna sebagai penyambung string. Contoh kode program diatas bisa juga ditulis jadi:

<?php
$a = "Hello ";
$hasil = " World!";
echo $hasil; // Hello World!
echo "<br />";
$a = "belajar ";
$b = "PHP ";   
$c = "di Infanthree.com";   
$hasil= "Saya sedang ";
echo $hasil; // Saya sedang belajar PHP di Infanthree.com
?>

Contoh diatas “memanfaatkan” sifat pendefenisian string memakai tanda kutip dua (double quote). Seperti yang sudah kita bahas pada tutorial Mengenal Tipe Data String dan Cara Penulisan String dalam PHP, bila pendefenisian string memakai double quote (karakter “), maka setiap variabel akan diproses oleh PHP.

Tetapi kita tidak dapat menulis :

$hasil= "Saya sedang $a$b$c"; //akan menghasilkan error

Sebab yang akan diproses PHP ialah 1 variabel saja, yaitu $a$b$c. sehingga kita harus menambahkan tanda kurung kurawal (karakter ) untuk memisahkan ketiga string jadi .

Beberapa situs referensi PHP, mengungkapkan bahwa cara ini “lebih cepat” untuk menyambung string ketimbang memakai operator titik (.), Tetapi kamu tak akan melihat perbedaanya untuk kode program sederhana.

Dalam tutorial ini kita sudah membicarakan mengenai operator penyambungan (concatenation) string dalam PHP. Tetapi PHP juga menyediakan banyak fungsi pemrosesan string untuk kebutuhan lebih jauh, seperti memecah string jadi array, memotong string, dll. Kita akan mengulas fungsi string ini di lain kesempatan.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *