Penjelasan Operator Perbandingan pada PHP

tutorial belajar PHP untuk pemula

Dalam tutorial saat ini kita akan mempelajari jenis dan cara pemakaian operator perbandingan (Comparison Operators) dalam PHP.

Pengertian Operator Perbandingan pada PHP

Sesuai dengan namanya, operator perbandingan membandingkan nilai dari 2 operand. Hasilnya selalu salah satu dari TRUE atau FALSE. Hasil perbandingan akan bernilai TRUE bila keadaan perbandingan itu betul, atau FALSE bila keadaannya salah.

Operand untuk operator perbandingan ini dapat berupa tipe data angka (integer atau float), ataupun bertipe string. Operator perbandingan akan memeriksa nilai dan (untuk beberapa operator) juga tipe data dari operand.

Jenis-jenis Operator Perbandingan pada PHP

Jenis-jenis dari operator perbandingan dalam PHP bisa dilihat dari tabel dibawah berikut:

Disebabkan operasi perbandingan bisa mempunyai operan berupa angka dan string, PHP mempunyai aturan sebagai berikut:

Dari tabel diatas bisa dilihat bahwa selain membandingkan angka dengan angka, PHP juga membolehkan perbandingan angka dengan string, array, bahkan objek. Tetapi pada penerapannya kita akan selalu membandingkan angka.

Cara Pemakaian Operator Perbandingan pada PHP

Berikut ialah beberapa contoh pemakaian operator perbandingan dalam PHP:

<?php
echo "1. 12 < 14 = "; var_dump(12<14); // bool(true) 
echo "<br />";
echo "2. 14 < 14 = "; var_dump(14<14); // bool(false)
echo "<br />";
echo "3. 14 <= 14 = "; var_dump(14<=14); // bool(true) 
echo "<br />";
echo "4. 10 <> '10' = "; var_dump(10<>'10'); // bool(false) 
echo "<br />";
echo "5. 10 == '10' = "; var_dump(10=='10'); // bool(true) 
echo "<br />";
echo "6. 10 === '10' = "; var_dump(10==='10'); // bool(false) 
echo "<br />";
echo "7. '150' == '1.5e2' = "; var_dump('150'=='1.5e2'); // bool(true) 
echo "<br />";
echo "8. 'infanthree' == 0 = "; var_dump('infanthree'==0); // bool(true) 
echo "<br />";
?>

Pada contoh kode PHP diatas, saya memakai fungsi var_dump() untuk melihat hasil dari perbandingan. Contoh 1 hingga 3 merupakan operasi perbandingan aritmatika biasa.

Dalam contoh ke 4, 10 <> ’10’ = FALSE, sebab PHP menganggap kedua operand ialah sama, sehingga bila diberikan operator tidak sama dengan (<>), maka hasilnya FALSE. Perhatikan bahwa tipe data kedua angka berbeda, saya menambahkan tanda petik untuk membuah string ‘10’, tetapi PHP mengkonversinya jadi integer 10 saat membandingkan (sesuai aturan tabel diatas).

Dalam contoh ke 5, 10 == ’10’ = TRUE, sebab alasan yang sama dengan penjelasan contoh ke 4. String ‘10’ dikonversi terlebih dulu jadi angka, lalu dibandingkan, sehingga hasilnya jadi TRUE.

Untuk contoh ke 6, 10 === ’10’ = FALSE, sebab operator === selain membandingkan nilai, juga membandingkan tipe data dari opearand, sehingga string ‘10’ dianggap tidak sama dengan integer 10. Hal ini beda dengan contoh ke 5.

Untuk contoh ke 7, ‘150’ == ‘1.5e2’ = TRUE, sebab seluruh string yang berupa angka dikonversi jadi angka terlebih dulu, dan  ‘1.5e2’ ialah penulisan scientific dari 1,5 x 10^2, yang hasilnya ialah 150.  Tetapi sama seperti contoh ke 6, bila kita mengganti operator ‘==’ dengan ‘===’, maka hasilnya akan FALSE.

Dalam contoh terakhir, no 8. Saya membandingkan string dengan angka, sehingga string ‘infanthree’ dikonversi jadi integer bernilai 0, dan baru disamakan dengan operan kedua, yaitu angka 0. Sebab 0==0, maka hasilnya = TRUE.

Operator perbandingan ini biasa dipakai untuk keadaan IF, misalnya bila $nama_user ada di dalam database, maka jalankan kode program. Lebih jauh tentang pemakaian operator perbandingan, akan kita bahas pada tutorial lanjutan.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *