Memotong atau Mengambil Sebagian String di PHP

tutorial belajar PHP untuk pemula

Dalam tutorial belajar PHP Infanthree saat ini saya akan mengulas sebuah fungsi sederhana yang cukup biasa dipakai, yaitu fungsi substr(). Fungsi substr() dipakai untuk memotong sebuah string atau mengambil sebagian nilai dari sebuah string di dalam PHP.

Mengenal Fungsi substr()

Fungsi substr() ialah fungsi PHP untuk memotong string, atau untuk mengambil sebagian nilai dari sebuah string. Fitur ini cukup biasa dipakai pada proses pembuatan program PHP, apalagi yang memerlukan manipulasi string.

Sebagai contoh, misalnya kita mempunyai sebuah string berbentuk tanggal: “14-09-2015”. Bagaimana caranya untuk mengambil nilai bulan dari string itu, yaitu karakter “09” ?

Contoh lain, katakan NIM seorang mahasiswa terdiri atas 8 digit: “12140001”. Dua digit pertama ialah tahun masuk mahasiswa, dua digit selanjutnya kode jurusan, dan empat digit terakhir ialah no urut mahasiswa. Bagaimana cara memisahkan digit-digit ini?

Pada kasus seperti inilah fungsi substr() dibutuhkan.

Fungsi substr() memerlukan 2 buah argumen dan 1 argumen tambahan (opsional). Arguman pertama ialah string asal yang mau diambil nilainya. Argumen kedua berupa posisi awal pemotongan, dan argumen ketiga diisi jumlah karakter yang akan diambil. Argumen kedua dan ketiga bertipe integer dan dapat positif ataupun negatif.

PHP membuat pemakaian fungsi substr() dengan 6 perpaduan cara penulisan. Kita akan mendiskusikannya satu persatu.

Cara Mengambil Karakter Dari Awal String

Pemakaian pertama fungsi substr() yang akan kita bahas ialah cara mengambil karakter yang dimulai dari awal string. Berikut contoh penggunaannya:

<?php
$kalimat = "Belajar PHP di Infanthree";
$sub_kalimat = substr($kalimat,3);
echo $sub_kalimat;
// ajar PHP di Infanthree
?>

Dalam kode diatas, saya mengambil string $kalimat mulai dari index ke-3. Bila fungsi substr() ditulis dengan 2 argumen semacam ini, dan argumen kedua bernilai positif, maka fungsi substr() akan mengembalikan nilai string $kalimat mulai dari huruf ke-4, yaitu huruf “a” sampai akhir string.

Perlu jadi catatan bahwa index string di dalam PHP dimulai dari angka 0. Sehingga fungsi substr($kalimat,3) akan mengembalikan nilai string $kalimat mulai dari huruf ke-4, dan bukan huruf ke-3.

Supaya lebih yakin, kamu dapat mencoba kode berikut ini:

<?php
$kalimat = "123456789";
$sub_kalimat = substr($kalimat,3);
echo $sub_kalimat;
// 456789
?>

Fungsi substr() juga mempunyai argumen ketiga yang sifatnya opsional (bisa diisi atau dikosongkan). Bila kita menambahkan argumen ketiga, nilai ini berguna sebagai penentu ‘berapa banyak jumlah karakter yang akan  diambil’. Berikut misalnya:

<?php
$kalimat = "Belajar PHP di Infanthree";
$sub_kalimat = substr($kalimat,8,3);
echo $sub_kalimat;
// PHP
?>

Fungsi substr($kalimat,8,3) akan mengambil string $kalimat mulai dari index ke-8 (karakter ke-9) dan ambil sebanyak 3 karakter.

Kita juga dapat memberikan nilai negatif untuk argumen ke-3 ini, dan fungsinya akan berganti. Berikut misalnya:

<?php
$kalimat = "Belajar PHP di Infanthree";
$sub_kalimat = substr($kalimat,8,-3);
echo $sub_kalimat;
// PHP di Duniail
?>

Fungsi substr($kalimat,8,-3) akan mengembalikan string $kalimat mulai dari index ke-8 (karakter ke-9) sampai akhir string, kecuali 3 karakter terakhir. 3 karakter terakhir ini merupakan “kom”, sehingga hasil akhir kode diatas ialah: “PHP di Duniail”.

Contoh lainnya, jika kita mau mengambil string $kalimat mulai dari index ke-10 sampai akhir string, kecuali 5 karakter terakhir, maka fungsinya ialah: substr($kalimat,10,-5).

Cara Mengambil Karakter Dari Akhir String

Selain dari awal string, kita juga dapat mengambil karakter mulai dari akhir string. Caranya yaitu dengan memberikan nilai negatif pada argumen kedua fungsi substr(). Langsung saja kita lihat contoh penggunaannya:

<?php
$kalimat = "Belajar PHP di Infanthree";
$sub_kalimat = substr($kalimat,-10);
echo $sub_kalimat;
// Infanthree
?>

Fungsi substr($kalimat,-10) berarti ambil 10 karakter terakhir dari string $kalimat.

Supaya lebih rinci, kita juga dapat menentukan jumlah karakter yang mau diambil. Ini dapat didapat dengan menambahkan argumen ke-3:

<?php
$kalimat = "Belajar PHP di Infanthree";
$sub_kalimat = substr($kalimat,-10,5);
echo $sub_kalimat;
// Dunia
?>

Perpaduan terakhir dari fungsi substr() ialah memakai angka minus untuk argumen ketiga, seperti contoh berikut:

<?php
$kalimat = "Belajar PHP di Infanthree";
$sub_kalimat = substr($kalimat,-10,-3);
echo $sub_kalimat;
// Duniail
?>

Fungsi substr($kalimat,-10,-3) berarti ambil 10 karakter terakhir dari string $kalimat, kecuali 3 karakter terakhir, sehingga hasil kode programnya ialah: “Duniail”.

Dari beberapa contoh diatas, kita telah melihat enam macam perpaduan pemakaian fungsi substr(). Perpaduan itu di bisa dari perbedaan jumlah argumen dan apakah argumen itu bertipe negatif dan positif. Sebagai kesimpulan, berikut contoh kode seluruh perpaduan fungsi substr():

<?php
$kalimat = "Belajar PHP di Infanthree";
echo substr($kalimat,8); // PHP di Infanthree
echo "<br>";
echo substr($kalimat,8,6); // PHP di
echo "<br>";
echo substr($kalimat,8,-5); // PHP di Infan
echo "<br>";
echo substr($kalimat,-10); // Infanthree
echo "<br>";
echo substr($kalimat,-10,5); // Infan
echo "<br>";
echo substr($kalimat,-10,-3); // Infanth
?>

Pengambilan sebagian nilai string cukup selalu kita pakai. PHP menyediakan fungsi substr() untuk kebutuhan ini. Dengan 6 perpaduan, fungsi substr() sangat praktis untuk memotong sebuah string atau mengambil sebagian nilai dari sebuah string di dalam PHP.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *