Memasukkan Data MySQL dengan PHP Data Object

tutorial belajar PHP untuk pemula

Sesudah membicarakan mengenai cara menampilkan hasil MySQL dengan PDO, selanjutnya dalam tutorial PHP MySQL saat ini kita akan membicarakan mengenai cara memasukkan data MySQL memakai PDO.

Cara Memasukkan data MySQL dengan PDO

Secara umum, proses memasukkan data MySQL dengan PDO tak jauh beda dengan metode menampilkan data dengan PDO yang sudah kita bahas pada tutorial sebelumnya.

PHP menyediakan banyak cara untuk menginputkan data kedalam MySQL memakai PDO extension. Pada tutorial ini kita akan mengulas 2 diantaranya, yaitu memakai method PDO->query() dan PDO->exec().

Memasukkan data MySQL dengan PDO->exec()

Selain memakai method PDO->query(), kita juga dapat memakai method PDO->exec() untuk menjalankan query MySQL. Cara penulisan method PDO->exec() juga amat serupa dengan method PDO->query().

Ayo kita lihat bagaimana cara menambahkan 1 data ke dalam tabel mahasiswa_ilkom memakai method PDO->exec():

<?php
try  catch (PDOException $e) 
   // tampilkan pesan kesalahan bila koneksi tidak sukses
   print "koneksi/query bermasalah: " . $e->getMessage() . "<br/>";
   die();
?>

Dari kode diatas, method $dbh->exec($query) akan menjalankan query yang disimpan dari variabel $query. Untuk memunculkan jumlah data yang ditambahkan, kita dapat segera memakai variabel $result hasil method $dbh->exec($query).

Bila kamu menjalankan kode diatas, maka hasil yang didapat yaitu sebagai berikut:

1 data berhasil ditambahkan

Memasukkan data MySQL dengan PDO->query()

Untuk memasukkan data MySQL dengan method PDO->query(), kita tinggal menambahkan query INSERT atau UPDATE kedalam method ini.

Sebagai contoh, saya mau menambahkan 1 data baru ke dalam tabel mahasiswa_ilkom. Berikut ialah contoh kode programnya:

<?php
try  catch (PDOException $e) 
   // tampilkan pesan kesalahan bila koneksi tidak sukses
   print "koneksi/query bermasalah: " . $e->getMessage() . "<br/>";
   die();
?>

Kebanyakan function dan method diatas telah kita pelajari pada beberapa tutorial sebelum ini.

 Sesudah proses koneksi dan men-set error display, saya membuat sebuah string untuk menampung query INSERT, yaitu di dalam variabel $query. Kemudian query dijalankan dengan method $dbh->query($query).

Sesudah query di jalankan, kita dapat mengetahui berapa baris tabel MySQL yang ditambahkan memakai method $result->rowCount().

Jika kamu menjalankan perintah diatas, hasil yang ditampilkan ialah:

1 data berhasil ditambahkan

Sebagai latihan, silahkan kamu tambahkan kode program diatas untuk menampilkan data tabel mahasiswa_ilkom sesudah proses input data.

Sesudah mempelajari cara menampilkan dan memasukkan data memakai PDO PHP, dalam tutorial selanjutnya kita akan mengulas fitur PDO yang lebih ‘advanced‘, yaitu Cara Memakai Prepared Statement dengan PDO PHP.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *