Facebook Di Duga Kumpulkan Riwayat Telepon Dan SMS Pemakai

Facebook Di Duga Kumpulkan Riwayat Telepon Dan SMS Pemakai

Informasi yang berjudul ” Facebook Di Duga Kumpulkan Riwayat Telepon Dan SMS Pemakai” berikut bisa Kamu lihat disini, dan masih banyak berita teknologi terupdate lainnya.

Masalah demi masalah yang menerpa jejaring sosial facebook seolah tidak ada habisanya. Sesudah beberapa saat kemudian di dera masalah penyalahgunaan data pemakai oleh Cambrige Analytica, dan tuntutan denda oleh otoritas berwenang di Korea Selatan, sekarang perusahaan naungan Mark Zuckerberg itu harus menghadapi isu keamanan baru terkait aktivitas facebook yang di duga mengumpulkan riwayat telepon dan SMS pemakai dengan sistem oprasi Android.

Di lansir dari laman The Verge, aktivtas “nakal” facebook itu pertama kali di ungkapkan oleh salah satu orang pemakai Twitter dengan nama Mat Johnson. Dalam cuitannya dia menyebut bila file ZIP aplikasi Facebook yang sudah dia hapus ternyata berisi riwayat telepon dan sms kepunyaannya selama bertahun-tahun.

Temuan itu bermula dari ketakutan sejumlah pemakai jejaring sosial punya Mark Zuckerberg itu terkait kebocoran data 50 juta pemakai facebook dalam skandal Cambrige Analityca. Mereka pun beramai-ramai mendowload semua data mereka yang melekat pada akun facebook mereka dan menghapus aplikasi pertemanan itu.

Seorang pemakai user Twitter lainnya, Dylan McKay mengatakan bila facebook seolah-olah sudah mengenali polanya dalam berinteraksi. Pasalnya, riwayat panggilan telepon yang dia temukan dalam file ZIP yang dia unduh hanya dari orang-orang terdekat.

“Semua rekam jejak panggilan saya dengan ibu kekasih saya dipegang Facebook,” jelas Dylan McKay.

Lantas, benarkah Facebook sudah melakukan pengumpulan riwayat telepon dan sms itu secara diam-diam?.  Mengutip dari salah satu artikel di laman Ars Technica, sebetulnya aktivitas Facebook mengumpulkan riwat panggilan itu merupakan bagian dari term and use punya facebook.

Saat pemakai pertama kali akan menginstall aplikasi facebook, maka akan timbul notifikasi bahwa aplikasi facebook akan mengakses data kontak, data SMS, dan riwayat panggilan pemakai di perangkat Android guna untuk meningkatkan alogaritma rekomendai pertemanan.

Merespon tudingan itu pihak facebook pun sudah berbicara dan menanggapi pernyataan itu dengan mengungkapkan bila  hal normal bagi suatu aplikasi untuk mengakses riwayat telepon dan sms saat pemakai mengupload kontak mereka ke social media.

“Bagian terpenting dari aplikasi dan layanan ialah membantu membuat koneksi sehingga mempermudah pemakai mendapatkan teman yang mereka mau temukan. Sehingga, semenjak pertama pemakai memasukkan nomor telepon ke aplikasi pesan, ini merupakan praktik yang kerap terjadi,” Jelas juru bicara Facebook.

Sementara itu, untuk pemakai aplikasi facebook dengan sistem operasi iOS pada iPhone, pengumpulan riwayat panggilan dan SMS pemakai tidak di temukan. Walaupun Apple juga memberikan akses, tetapi aplikasi Facebook di iPhone tidak dapat mengambil data riwayat telepon dan sms pemakai sistem operasi iOS.

Demikianlah kabar tentang ” Facebook Di Duga Kumpulkan Riwayat Telepon Dan SMS Pemakai “.Meskipun Kamu sudah selesai membaca artikel ini, Kami mengusulkan untuk membaca berita aslinya secara keseluruhan.

Silahkan ke website officialnya dengan searching di google dengan judul ” Facebook Di Duga Kumpulkan Riwayat Telepon Dan SMS Pemakai ” untuk melihat artikel oroginalnya agar tidak terjadi perbedaan makna informasi
Sumber: recode id


Butuh jasa pembuatan website di Makassar? kontak kami. Jasa Pembuatan Aplikasi Android, Jasa SEO dan SEM, SMM, Internet Marketing Agency, Social Media Strategist Makassar, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik bisa kami lakukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *