Cara Menggabungkan PHP dan HTML

tutorial belajar PHP untuk pemula

Akhir-aakhir ini ada sejumlah orang yang mengajukan pertanyaan kepada saya. Bagaimana cara menggabungkan antara PHP dan HTML?. Ya, buat mereka yang belum paham cara kerja PHP memang dapat dimaklumi. Sebab saya dulu juga bingung antara 2 bahasa ini hehehe..

Baiklah biar kamu paham, coba kamu bayangkan sebuah dapur. HTML ialah masakan sedangkan PHP ialah resep. Visitor website ialah pelanggan restoran.

Saat kamu menulis PHP, maka kamu tengah menulis sebuah resep untuk membuat sebuah masakan yang cocok kemauan kamu. Sedangkan bila kamu menulis HTML, itu sama saja kamu menyuguhkan masakan yang telah siap ke visitor. Paham?

Jadi, dari sisi visitor nggak akan ada bedanya ini bahasa PHP atau HTML. Dari sisi kokilah perbedaan itu terjadi. So, ayo kita coba dengan sebuah contoh:

<p>Hallo, nama saya HTML</p>

Kode diatas mudah ditebak bukan? Ya! itu merupakan sebuah kode HTML yang menghasilkan tulisan Hallo, nama saya HTML. Kemudian ayo kita coba tambahan kode PHP di sebelahnya:

<p>Hallo, nama saya HTML <?php echo 'dan saya ialah PHP';?></p>

Kode diatas ialah sebuah kode PHP. Sebab telah ada tag php disana. Dan kamu perlu melaksanakannya di server untuk melihat hasilnya. Bila kamu jalankan langsung di browser dengan nama file coba.html, maka jelas akan error jadinya. Namun bila kamu jalankan di server dengan nama file coba.php, maka akan timbul tulisan:

Hallo, nama saya HTML dan saya ialah PHP

Itu merupakan contoh menyisipkan kode PHP di HTML. Bisakah menyisipkan kode HTML di PHP? jelas bisa dong. Misalnya semacam ini:

<?php echo '<p>Hallo, nama saya <strong>HTML</strong> dan saya ialah <em>PHP</em></p>';?>

Tuh kan? Kita dapat menampilkan kode HTML dengan perintah echo di PHP. Keduanya sama-sama menghasilkan tulisan yang sama. Cuma dalam contoh diatas saya tambahi tag strong dan em untuk menunjukkan bahwa kita dapat memasang tag HTML di PHP.

Terserah kamu ingin gunakan metode mana. Namun yang jelas dan perlu diingat, begitu di dalam keseluruhan file ada tag <?php dan ?> maka file itu harus dijalankan di server. Sebab perintah PHP cuma dapat berjalan di server saja. Oke, kita ketemu pada artikel selanjutnya


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *