Belajar Membuat Program PHP Sederhana “Hello World”

tutorial belajar PHP untuk pemula

Saat memulai belajar sebuah bahasa pemrograman, pada umumnya kita belajar untuk membuat hello world terlebih dulu. Hal ini juga berlaku ketika kita akan belajar bahasa pemrograman php. Sekarang kita akan mencoba membuat program hello world  dengan php.

Namun sebelum mulai belajar php, kita perlu menyiapkan beberapa software ini merupakan bahasa yang akan kita pakai. Bahasa Pemrograman PHP berjalan dengan memakai browser sebab ia ialah bahasa pemrograman untuk web.

PHP dapat kita gabung dengan HTML, CSS dan Javascript webserver ialah sebuah software yang dipakai sebagai server web.

Dengan adanya protocol ini, maka komputer kita dapat dibuka dari komputer lain atau komputer kita sendiri dengan protokol http. Webserver yang amat terkenal ialah apache.

Hal ini dikarenakan sebab apache termasuk open source dan free. untuk yang satu ini sebetulnya tidak wajib bagi pemula. Namun untuk tingkat lanjut kita memerlukan database server untuk menyimpan data yang banyak. Database server yang amat terkenal dan sering berdampingan dengan php ialah mysql.

Silakan download ketiga software itu di website resminya masing-masing. Sesudah itu silakan diinstall. Namun bila tidak ingin rumit dan repot menginstall 3 software sekalian, ada sebaiknya kamu menginstall xampp.

Keterangan lebih jauh, tentang xampp dan cara instalasinya ada di instalasi xampp bila telah menginstall software-software di atas, silakan ketik code di bawah ini.

Bisa memakai notepad ataupun editor php lainnya seperti phpedit, macromedia dreamweaver dan editplus. Pada contoh ini saya memakai notepad++.

Simpan file di documentroot apache dan simpan dengan nama test.php.

Documentroot apache di komputer saya ada di e:/htdocs dan saya menaruh program di dalam folder e:/htdocs/coba2, sehingga untuk mengaksesnya saya memakai alamat http://localhost/ooba2/test.php

Hasilnya semacam ini

Keterangan program per baris
1. code pembuka php. Setiap program php harus diapit di antara tag pembuka dan tag penutup php
ada sejumlah pasangan tag yang dapat dipakai
<?php ?>
<? ?>
<script language=’php’> </script>
<% %>

2. perintah echo dipakai untuk menampilkan tulisan di layar. Pada contoh saya akan menampilkan tulisan hello world!! (tanpa tanda kutip)
setiap statement atau perintah dalam php harus diakhiri dengan titik koma (;)

3. sama dengan baris ke2, namun yang dicetak ialah turun satu baris. tag <br> ialah tag html yang dipakai untuk turun ke baris berikutnya sama dengan bila kita memakai ENTER ketika sedang mengetik

4. sama dengan baris ke2, namun yang dicetak ialah kata PHP

5. code penutup php

Apakah program kamu telah berjalan dengan betul? Selamat ya jika kamu berhasil Belajar Membuat Program PHP Sederhana “Hello World”. Share postingan ini jika bermanfaat


Butuh jasa pembuatan website di Makassar? kontak kami. Jasa Pembuatan Aplikasi Android, Jasa SEO dan SEM, SMM, Internet Marketing Agency, Social Media Strategist Makassar, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik bisa kami lakukan

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *