Tutorial Text HTML Part 11: Cara Menampilkan dan Memasukkan Karakter Khusus ke dalam HTML

belajar HTML dan CSS untuk pemula

Selain karakter alfanumerik, sesekali kita butuh menulis karakter-karakter khusus ke dalam HTML, contohnya tanda “<”. Karakter kurung siku “<” tidak dapat dituliskan begitu saja di dalam HTML, sebab karakter kurung siku berfungsi internal dalam HTML sebagai tanda pembuka tag. Di dalam tutorial text HTML saat ini, kita akan mempelajari cara menampilkan dan memasukkan karakter khusus ke dalam HTML.

Cara Memasukkan Karakter Khusus ke HTML

Untuk memasukkan karakter-karakter khusus ke dalam HTML, kita perlu men-‘escape’ karakter itu. Istilah escape maksudnya bahwa ketimbang menulis sebuah karakter secara langsung, kita dapat menggantinya dengan angka atau referensi yang merujuk kepada karakter itu.

Dalam HTML, terdapat 2 cara untuk men-‘escape’ karakter, yakni dengan memakai penomoran angka (numeric entity), dan memakai singkatan untuk karakter (named entity). Kedua cara ini ditulis dengan karakter ‘&’ di awal penulisan, dan diakhiri dengan karakter ‘;’.

Sebagai contoh, bila saya mau menuliskan karakter “<” di dalam konten HTML, maka penulisannya yaitu sebagai berikut:

Saya sedang belajar menampilkan karakter < dalam HTML

Cara diatas memakai penomoran angka atau numeric entity. Karakter “<” mempunyai numeric entity 60, sehingga ditulis jadi &#060;.

Bila memakai singkatan karakter atau named entity, karakter “<”ditulis jadi &lt; sebagai berikut:

Saya sedang belajar menampilkan karakter &lt; dalam HTML

Tabel Karakter Khusus di HTML

Selain karakter “<”, HTML menyediakan ratusan karakter khusus yang dapat dipakai. Berikut ialah tabel karakter khusus yang biasa dipakai:

Untuk daftar lengkap karakter-karakter khusus dalam HTML, kamu bisa menatapnya di situs Web Standars Project di www.webstandards.org/learn/reference/charts/entities/

Sebagai penutup, berikut ialah contoh kode HTML yang akan menampilkan beberapa karakter khusus dalam HTML:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar HTML di Infanthree</title>
</head>
 
<body>
<h3>Saya sedang belajar HTML di &copy; Infanthree.com ® &trade;</h3>
<p>Dalam tutorial saat ini, kita akan belajar untuk menampilkan
karakter-karakter khusus seperti &lt;, >, &hellip;</p>
</body>
 
</html>

Salah satu karakter penting untuk diketahui ialah karakter ‘non-breaking space’, yang ditulis sebagai &nbsp; karakter ini berguna untuk memastikan bahwa frase atau kata tidak terpisah.

Bila saya menulis:

Pembuatan&nbsp;Website Makassar

Kata itu akan ditampilkan web browser jadi Pembuatan Website Makassar (karakter &nbsp;  akan ditampilkan sebagai spasi), Tetapi kedua kata itu akan ‘dianggap‘ sebagai satu kesatuan, dan tak akan terpisah meskipun berada pada akhir baris atau ukuran web browser diperkecil.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *