Tipe Data String pada PHP dan Cara Penulisannya

tutorial belajar PHP untuk pemula

Pada tutorial PHP sebelumnya kita sudah mempelajari 2 tipe data angka, yaitu tipe data integer dan tipe data float, dalam tutorial saat ini kita akan mengulas tipe data string, dan cara penulisannya.

Pengertian Tipe Data String dalam PHP

Tipe data string ialah tipe data yang berisi text, kalimat, atau kumpulan karakter. Sebagai contoh, “a”, “saya sedang belajar PHP” atau “tUT0r1al pHp?!” semuanya ialah string.

Tipe data string mungkin yaitu tipe data yang amat biasa dipakai, dan mempunyai banyak fitur yang disiapkan PHP. Karakter yang didukung saat ini merupakan 256 karakter ASCII. Daftar karakter ASCII itu bisa dilihat di http://www.ascii-code.com.

Cara Penulisan Tipe Data String dalam PHP

PHP menyediakan 4 cara penulisan tipe data string, yaitu Single Quoted, Double Quoted, Heredoc, dan Nowdoc. Kita akan mempelajarinya lebih dalam dalam tutorial ini.

1. Penulisan Tipe Data String dengan Single Quoted

Penulisan tipe data string memakai single quoted atau tanda petik satu (karakter ‘) merupakan cara penulisan string yang amat sederhana. Kita tinggal membuat sebuah kata atau kalimat, dan menambahkan tanda petik satu pada awal dan akhir kalimat.

Untuk string yang didalamnya juga ada tanda petik satu, kita perlu melampauinya dengan karakter backslash () supaya tidak dianggap sebagai penutup string. Dan bila di dalam string kamu mau menulis tanda backslash, kita perlu menulisnya dengan 2 kali (\).

Berikut ialah contoh penulisan tipe data string memakai metode single quoted:

<?php
$string1='Ini merupakan string sederhana';
$string2='Ini merupakan string
yang dapat mempunyai beberapa
baris';
$string3='Ia berkata: "I'll be back"';
$string4='Kamu sudah berhasil menghapus C:\xampp\htdoc';
$string5='Kalimat ini tak akan pindah ke: n baris baru';
$string6='Variabel juga tidak otomatis ditampilkan $string1 dan $string3';
echo $string1; echo "<br>";
echo $string2; echo "<br>";
echo $string3; echo "<br>";
echo $string4; echo "<br>";
echo $string5; echo "<br>";
echo $string6;
?>

Dalam contoh diatas, saya membuat beberapa karakter khusus seperti “, n, dan variabel yang diawali dengan tanda dollar ($). Ketiga karakter khusus ini ditampilkan secara karakter aslinya ke dalam browser.

2. Penulisan Tipe Data String dengan Double Quoted

Cara kedua dalam penulisan tipe data string dalam PHP yaitu dengan memakai Double Quoted atau tanda petik dua (karakter “). Meskipun seperti tak ada perbedaan dengan memakai single quote, hasil yang di bisa akan sangat berbeda.

Dengan double quoted, PHP akan memproses karakter-karakter khusus seperti carriage return (n), dan karakter tab (t) dan juga memproses setiap variabel (yang ditandai dengan tanda $ didepan kata).

Disebabkan metode double quoted melakukan pemrosesan terlebih dulu, jadi untuk menampilkan karakter khusus seperti tanda petik (karakter ‘), tanda dollar (karakter $) dan tanda-tanda khusus lainnya, kita perlu memakai backslash (karakter ). Berikut ialah tabel karakter khusus untuk  double quoted string:

Cara Penulisan String Karakter Yang Ditampilkan
Karakter Tanda petik dua
n Karakter Newline
r Karakter Carriage return
t Karakter Tab
\ Karakter Backslash
$ Karakter Dollar Sign
Karakter Pembuka Kurung Kurawal
” class=”synonym”> Karakter Penutup Kurung Kurawal
[ Karakter Pembuka Kurung Siku
] Karakter Penutup Kurung Kurawal
sampai 777 Karakter ASCII memakai nilai oktal
x0 sampai xFF Karakter ASCII memakai nilai heksadesimal

Sebagai contoh pemakaian double quoted string, saya akan memakai contoh yang sama dengan single quoted string, supaya bisa dilihat perbedaannya:

<?php
$string1="Ini merupakan string sederhana";
$string2="Ini merupakan string
yang dapat mempunyai beberapa
baris";
$string3="Ia berkata: "I'll be back"";
$string4="Kamu sudah berhasil menghapus C:\xampp\htdoc";
$string5="Kalimat ini akan akan pindah ke: n baris baru";
$string6="Variabel akan otomatis ditampilkan: $string1 dan $string3";
echo $string1; echo "<br >";
echo $string2; echo "<br >";
echo $string3; echo "<br >";
echo $string4; echo "<br >";
echo $string5; echo "<br >";
echo $string6;
?>

Perhatikan perbedaannya pada hasil $string3, $string5 dan $string6.

Pada $string3, kita perlu mem-blackslash tanda petik dua sebab itu adalah karakter khusus dalam double quoted string.

Pada $string5, tanda n yang merupakan karakter khusus untuk baris baru, namun sebab kita menampilkannya di browser, karakter ini tak akan tampak, namun bila kita menulis hasil string ini kedalam sebuah file text, kalimat itu akan terdiri atas 2 baris.

Pada $string6, tampak bahwa string dengan petik dua akan memproses variabel $string1 dan $string3 sehingga tampil hasilnya di web browser. Fitur ini akan sangat bermanfaat bila kita selalu menampilkan variabel didalam sebuah string.

3. Penulisan Tipe Data String Dengan Heredoc

Cara penulisan tipe data string yang ketiga yakni dengan fitur PHP yang disebut heredoc. Fitur ini dipakai untuk membuat tipe data string yang bisa berisi beberapa baris kalimat. Dibandingkan dengan memakai single quote dan double quote, pembuatan string dengan heredoc tak terlalu biasa dipakai.

Supaya lebih jelas, berikut ialah contoh penulisan tipe data string dengan heredoc:

<?php
$IPK=3.9;
$string1 = <<<end
Saya sedang belajar PHP
di infanthree.com <br />
Saat ini tentang pembahasan
terkait "PHP", <br /> dan berharap
bisa bisa IPK $IPK 🙂
end;
echo $string1;
?>

Ayo kita bahas mengenai cara penulisan Heredoc.

Seperti yang tampak dari contoh diatas, fitur Heredoc ditandai dengan tanda “<<<” untuk memulai string, lalu disertai dengan karakter penanda akhir string. Dari contoh itu kata “end” di awal string ialah penanda akhir string. Kamu bebas mengganti kata “end” dengan kata atau karakter lain, sepanjang kata itu bisa dijamin tak akan muncul didalam string.

Sesudah karakter penanda string, baris pertama setelahnya ialah awal dari string. String ini bisa meliputi beberapa baris, sampai didapati karakter penanda akhis string yang kita definisikan pada awal (yaitu kata “end”). Sesudah didapati karakter penanda akhir string, maka pendefenisian string berakhir.

Teliti juga bahwa di dalam kalimat diatas, saya memakai karakter n dan variabel $IPK. Semua karakter ini diproses oleh PHP, sehingga serupa dengan fitur double quoted string.

Penting untuk diperhatikan bahwa sesudah tanda penututup heredoc (di pada contoh diatas ialah kata ‘end‘) dan tanda titik koma “;” , tidak bisa ada spasi atau karakter apapun. Bila kamu menuliskan seperti berikut ini:

end ;

PHP akan mengeluarkan error: Parse error: syntax error, unexpected end of file.

4. Penulisan Tipe Data String Dengan Nowdoc

Cara penulisan tipe data keempat dalam PHP yakni dengan fitur Nowdoc. Fitur ini hampir sama dengan Heredoc, tetapi dengan pengecualian: karakter khusus dan variabel tak akan diproses oleh PHP, atau serupa dengan single quoted string.

Berikut ialah contoh penulisan tipe data string memakai metode Nowdoc:

<?php
$IPK=3.9;
$string1 = <<< 'selesai'
Saya sedang belajar PHP
di n infanthree.com <br />
Saat ini tentang pembahasan
terkait "PHP", <br /> dan berharap
bisa bisa IPK $IPK 🙂
selesai;
echo $string1;
?>

Bila dilihat sepintas, tak ada perbedaan cara penulisan metode nowdoc dengan heredoc, tetapi perhatikan karakter penanda akhir string. Saat ini saya memakai karakter ‘selesai’ sebagai penanda akhir string. Dan yang membedakannya dengan heredoc ialah, nowdoc menambahkan single quoted untuk karakter penanda akhir string. Saya menulis ‘selesai’ (dengan tanda kutip satu) untuk mengawali string.

Dari tampilan yang dihasilkan, nowdoc memproses string sama dengan single quoted string, dimana karakter khusus dan variabel tidak diproses sama sekali, sehingga dalam tampilan akhir kamu bisa melihat tanda n dan variabel $IPK ditulis sebagai string.

Dalam tutorial belajar PHP saat ini kita sudah mendiskusikan 4 cara penulisan dan pendefenisian tipe data string, yakni dengan single quoted, double quoted, heredoc, dan nowdoc. Metode penulisan string dengan heredoc dan nowdoc mungkin tak akan sering kamu temui.

PHP juga menyediakan banyak fitur dan fungsi untuk manipulasi string, salah satunya ialah operasi yang dapat dilakukan dengan string.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *