Selector, Property, dan Value dalam CSS

belajar HTML dan CSS untuk pemula

Sesudah mengetahui cara memasukkan kode CSS ke halaman HTML, waktunya untuk memahami kode CSS itu sendiri. Saat ini kita akan mengulas inti dari CSS, yaitu Pengertian Selector, Property dan Value pada CSS.

Pengertian Selector CSS

Sebab kode CSS dipakai untuk merubah/memanipulasi tampilan dari tag HTML, CSS memerlukan suatu cara untuk ‘mengaitkan’ atau menghubungkan kode CSS dengan tag HTML yang cocok. Hal inilah yang dimaksud dengan Selector dalam CSS.

Sesuai dengan namanya, selector dipakai untuk mencari bagian web yang mau dimanipulasi atau yang mau di-style. Contohnya : “cari seluruh tag <p>”, atau “cari seluruh tag HTML yang mempunyai atribut class=”warning”” atau “cari seluruh link yang terdapat di dalam tag <p>”.

Selector paling dasar dari CSS ialah tag dari HTML itu sendiri, contohnya: tag p, i, h1, li, dll. Selector didalam CSS bisa jadi kompleks bergantung kebutuhannya. Terkait selector, akan kita bahas secara lebih spesifik dalam tutorial-turorial CSS berikutnya.

Pengertian Property CSS

Property CSS ialah jenis style, atau elemen apa yang akan diubah dari sebuah tag HTML. CSS mempunyai puluhan property yang bisa dipakai supaya menampilkan hasil akhir yang kita harapkan. Hampir seluruh property dalam CSS bisa digunakan untuk seluruh selector.

Bila selector dipakai contohnya untuk “mencari semua tag <p>“, maka property ialah “efek apa yang mau dimanipulasi dari tag p itu“, seperti ukuran text, warna text, jenis fontnya, dll.

Pengertian Value CSS

Value CSS ialah nilai dari property. Misalnya untuk property background-color yang dipakai untuk merubah warna latar belakang dari sebuah selector, value atau nilainya bisa berupa red, blue, black, atau white.

Untuk lebih detailnya tentang selector, property dan value pada CSS, bisa dilihat pada gambar dibawah berikut:

Selector, Property dan Value ini merupakan elemen inti dari CSS, 90% tutorial yang akan kita pelajari terkait CSS akan membicarakan mengenai ketiga aspek ini.

Di artikel berikutnya, kita akan mempelajari Aturan dan Cara Penulisan Kode CSS kedalam halaman HTML.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *