Perbedaan HTML5 dengan HTML 5

belajar HTML dan CSS untuk pemula

Sesudah mendiskusikan perbedaan HTML5 dengan versi HTML sebelumnya, dalam lanjutan tutorial belajar HTML5 saat ini kita akan membicarakan mengenai hal yang kedengarannya gampang, yaitu perbedaan antara HTML5 dengan HTML 5.

HTML5 vs HTML 5

Ya, judul tutorial ini tidaklah salah ketik. HTML5 dan HTML 5 merupakan sesuatu yang berbeda (perhatikan tanda spasi pemisah antara HTML dengan angka 5).

Perbedaan penulisan ini timbul sebab terdapat 2 badan yang pada awal mulanya mengembangkan kelanjutan HTML. Yaitu W3C (World Wide Web Consortium) dan WHATWG (Web Hypertext Application Technology Working Group).

W3C sebagai badan pembuat standarisasi HTML, tidak melanjutkan pengembangan HTML semenjak HTML 4.01. W3C lebih memilih mengembangkan XHTML sebagai masa depan HTML. Tetapi sebab XHTML ‘berhenti’ pada versi XHTML 2.0 dan tidak kunjung rampung, beberapa programmer web membuat badan independen yang disebut dengan WHATWG.

WHATWG dibentuk bukan sebagai kompetitor W3C, namun sebagai organisasi lepas yang mau membuat draft kelanjutan HTML 4.01 untuk berikutnya diserahkan ke W3C. WHATWG melakukan voting dan setuju memberinya nama dengan HTML5 (tanpa spasi).

W3C mengetahui bahwa XHTML 2.0 yang mereka kembangkan mengalami jalan buntu. Sebab melihat banyak web browser telah beralih memakai fitur HTML5 yang dikembangkan WHATWG, W3C kemudian membentuk HTML Working Group untuk mengikuti perkembangan HTML5. Versi kelanjutan HTML dari W3C ini disebut HTML 5 (dengan spasi !).

Perjanjian akhir: HTML5

Semenjak waktu itu, terdapat 2 versi penulisan HTML, yaitu HTML5 dan HTML 5. Perbedaan ini jadi perbincangan menarik, bahkan di website resmi WHATWG juga membicarakan mengenai hal ini: https://blog.whatwg.org/spelling-html5.

Tetapi di akhir cerita, kedua badan ini setuju memberi nama versi HTML terakhir dengan HTML5 (tanpa spasi). Jadi, bila kamu mau menulis HTML versi paling baru, hati-hati dengan spasi 🙂

Dalam tutorial belajar HTML5 selanjutnya, kita akan membicarakan mengenai aturan penulisan DOCTYPE pada HTML5.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *