Penjelasan Struktur Logika ELSE di PHP

tutorial belajar PHP untuk pemula

Struktur kontrol IF yang sudah kita bahas sebelumnya, mempunyai percabangan logika kedua, yaitu logika ELSE. Di dalam tutorial belajar PHP saat ini kita akan mempelajari Pengertian dan Cara Penulisan Struktur ELSE dalam PHP.

Pengertian Struktur ELSE dalam PHP

Bila Struktur IF dipakai untuk percabangan alur program dengan 1 pilihan saja, maka dengan struktur ELSE kita bisa membuat percabangan kedua, yaitu percabangan saat keadaan IF tidak terpenuhi, atau expressi IF menghasilkan nilai FALSE.

Berikut ialah contoh pemakaian logika ELSE dalam PHP:

<?php
$nama="Andi";
if ($nama=="Andi")
   echo "Selamat Datang Andi...";
else
   echo "Selamat Datang di infanthree";
?>

Contoh kode program diatas, hampir sama dengan contoh kita pada tutorial tentang IF sebelumnya. Tetapi saat ini saya menambahkan percabangan ELSE. Bila kamu menjalankan kode program diatas, maka di dalam web browser akan tampil “Selamat Datang Andi…“, sebab keadaan IF terpenuhi. Perintah ELSE cuma akan dijalankan bila keadaan $nama bukan berisi “ANDI”.

Bila saya merubah kode PHP diatas jadi

<?php
$nama="Budi";
if ($nama=="Andi")
   echo "Selamat Datang Andi...";
else
   echo "Selamat Datang di infanthree";
?>

Maka sekarang di web browser akan tampil “Selamat Datang di infanthree“. Hal ini terjadi sebab keadaan if ($nama==”Andi”) tidak terpenuhi dan menghasilkan FALSE, sehingga perintah pada bagian ELSE-lah yang akan diekseskusi.

Aturan Penulisan Struktur IF-ELSE dalam PHP

Penulisan sederhana dari struktur IF-ELSE yaitu sebagai berikut:

<?php
if (expression)
   statement1;
else
   statement2;
?>

Statement1 akan dijalankan cuma bila expression bernilai TRUE (keadaan expression terpenuhi). Tetapi jika keadaan expression tidak terpenuhi (bernilai FALSE), maka statement2 lah yang akan dijalankan.

Bila struktur logika IF-ELSE terdiri atas beberapa baris, maka kita perlu menambahkan penanda kurung kurawal untuk menandai awal dan akhir statement. Penanda ini diperlukan untuk membatasi blok perintah mana yang akan dijalankan saat expression TRUE, dan blok perintah mana yang akan dijalankan bila expression FALSE.

Berikut ialah penulisan dasar struktur IF-ELSE dengan pembatasan blok perintah:

<?php
if (expression) 
else 
?>

Penandaan statement ini akan menghasilkan error saat kita salah atau lupa menempatkan tanda kurung kurawal. Perhatikan contoh kode PHP berikut ini:

<?php
$nama="Budi";
if ($nama=="Andi")
   echo "Selamat Datang Andi...";
   echo "Kamu Mempunyai 3 pesan di inbox...";
else
   echo "Maaf, kamu tidak mempunyai hak akses";
?>

Kode PHP diatas akan menghasilkan error, sebab PHP mendeteksi ada lebih dari satu baris sesudah struktur IF. Kode itu akan berlangsung seperti yang diharapkan bila dirubah jadi:

<?php
$nama="Budi";
if ($nama=="Andi") 
   echo "Selamat Datang Andi...";
   echo "Kamu Mempunyai 3 pesan di inbox...";
else 
?>

Pada baris terakhir, saya juga menambahkan tanda kurung kurawal sebagai penanda awal dan akhir dari ELSE, meskipun tanda kurung itu sebenranya tidak dibutuhkan (sebab cuma bersisi satu baris). Tetapi hal ini akan mempermudah kita andaikata mau menambahkan perintah tambahan di bagian ELSE.

Penulisan Alternatif Struktur ELSE

Sama seperti alternatif penulisan IF pada tutorial sebelumnya,selain memakai tanda kurung kurawal penanda awal dan akhir blok IF, PHP juga menyediakan cara penulisan lain untuk blok perintah ELSE, yaitu dimulai dengan tanda titik dua (:) dan diakhiri dengan endif.

Berikut ialah format dasar penulisan IF:

<?php
if (expression) :
   statement1;
   statement2;
else:
   statement3;
endif
?>

Perbedaan mendasar mengenai cara penulisan ini ada di sesudah penulisan expression dimana diperlukan tanda titik dua (:), dan pada akhir statement dengan kata kunci endif.

Kamu bebas memakai format penulisan logika IF yang disiapkan. Beberapa programmer memilih alternatif penulisan IF dengan endif sebab dianggap lebih rapi.

Dalam tutorial struktur alur program selanjutnya, kita akan mengulas struktur lanjutan dari IF, yaitu cara penulisan dan pemakaian struktur ELSE-IF.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *