Penjelasan Perintah Break Dalam Perulangan PHP

belajar HTML dan CSS untuk pemula

Dalam tutorial saat ini kita akan mengulas tantang perintah break yang dipakai untuk menghentikan perulangan for, while, ataupun do-while di dalam PHP.

Fungsi Perintah Break Dalam Perulangan PHP

Saat proses perulangan berjalan, ada masanya kita mau segera keluar dari perulangan bila sebuah keadaan tertentu sudah terpenuhi, sehingga sisa proses perulangan tak perlu dijalankan.

Misalnya kita mempunyai nama-nama mahasiswa yang tersimpan di pada sebuah array atau di dalam database. Proses pencarian sederhana bisa dirancang dengan melakukan pencocokan secara berulang dimulai dari nama pertama, kedua, dan seterusnya. Perulangan ini akan dilaksanakan sebanyak daftar mahasiswa yang ada.

Namun, bila nama yang dicari sudah didapati, proses perulangan semestinya bisa dihentikan waktu itu juga, sebab tujuan pencarian nama sudah selesai.

Untuk kebutuhan inilah PHP menyediakan arahan break.  Break berguna sebagai perintah kepada web server untuk menghentikan perulangan secara prematur, yaitu menghentikan perulangan di luar dari yang disiapkan.

Cara Penulisan Perintah Break

Perintah break bisa di taruh di posisi manapun di dalam perulangan, tetapi pada umumnya kita akan membuat logika IF untuk menentukan kapan perintah break akan dijalankan.

Contoh Pemakaian Break dalam Perulangan For

Berikut ialah contoh program perulangan for dengan memakai perintah break:

<?php
for ($i=0; $i <100; $i++)

Dalam program diatas, saya membuat perulangan for dari 0 sampai 100, dan dalam kondisi normal, perintah for ($i=0; $i <100; $i++) akan memproses perulangan sebanyak 100 kali.

Tetapi pada baris ke-4 saya menambahkan sebuah struktur IF yang menyampaikan bahwa bila nilai variabel counter $i sama dengan 13, maka break. Perintah break akan membuat perulangan for langsung dihentikan, dan kita cuma menghasilkan perulangan sampai angka 12. Ini terjadi sebab perintah echo $i ditempatkan sesudah break. Bila perintah echo $i ini kamu pindahkan di baris sebelum break, akan tampil angka 13 (yang tandanya bila perulangan telah masuk ke $i = 13).

Contoh Pemakaian Break dalam Perulangan While

Sama seperti perulangan for, perintah break dipakai untuk menghentikan perulangan while secara prematur, atau sebelum keadaan di bagian condition terpenuhi.

Memakai contoh yang sama dengan struktur perulangan for, berikut ialah contoh pemakaian break untuk perulangan while:

<?php
$i=0;
while ($i < 100)

  $i++;
  if ($i==13)
  
echo $i;
echo "<br />";

Pada contoh kode program diatas, perulangan akan berhenti pada iterasi ke-13. Dimana saya membuat sebuah keadaan saat variabel counter bernilai 13, maka break. Perintah break akan menghentikan perulangan secara paksa.

Cara Pemakaian Arahan Break pada Perulangan Bersarang (Nested Loop)

Untuk perulangan bersarang (nested loop), arahan break bisa berarti ganda, yaitu apakah kita mau menghentikan perulangan luar, atau perulangan dalam.

Supaya lebih gampang dimengerti, berikut ialah contoh nested loop yang pernah kita bahas pada tutorial perulangan for:

<?php
for ($i=0; $i <10; $i++)

  for ($j=0; $j <10; $j++)
  
echo "<br />";

Dalam perulangan itu, variabel counter $i dipakai untuk perulangan luar (outer loop), dan  variabel counter $j dipakai untuk perulangan dalam (inner loop).

Bila kita membuat perintah break pada perulangan $j (inner loop), maka yang akan dihentikan cuma perulangan $j saja, seperti di contoh program berikut ini:

<?php
for ($i=0; $i <10; $i++)
{
  for ($j=0; $j <10; $j++)
  
    if ($i==4)
    
    echo $i;
  
echo "<br />";
}

Dengan memberikan perintah break pada perulangan $j, maka perulangan $j akan berhenti pada angka 4, tetapi perulangan $i akan terus berjalan.

Bagaimana bila kita juga mau menghentikan perulangan $i?

Caranya yaitu dengan merubah perintah break diatas jadi break 2. Angka 2 bertujuan untuk memberitahu PHP bahwa perintah break diperuntukkan bagi 2 level perulangan diatasnya.

Berikut ialah contoh program sebelumnya, dengan ditambahkan break 2:

<?php
for ($i=0; $i <10; $i++)
{
  for ($j=0; $j <10; $j++)
  
    if ($i==4)
    
    echo $i;
  
echo "<br />";
}

Bila kamu membuat nested loop dengan 3 tingkatan, atau 3 level, maka kita dapat memakai perintah break 3 untuk keluar dari perulangan paling dalam.

Perintah atau arahan break berfungsi untuk menghentikan perulangan secara langsung, tetapi bila yang kita harapkan ialah ’melompati’ sekali proses perulangan tanpa menghentikan semua proses, PHP menyediakan perintah continue.

Perintah continue ini akan kita bahas secara menyeluruh di tutorial belajar PHP berikutnya: Fungsi dan Cara Penulisan Perintah Continue Dalam Perulangan PHP.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat