Penjelasan Operator Gabungan Assigment di PHP

tutorial belajar PHP untuk pemula

Dalam tutorial saat ini, saya akan membicarakan mengenai operator gabungan assigment (combined assigment operators) dalam PHP.

Pengertian Operator Gabungan (Combined Operators)

Operator gabungan assigment ialah cara penulisan singkat operator dengan menggunaan sebuah operatror assigment secara bertepatan dengan operator lainnya. Dalam PHP, operator gabungan ini merupakan antara operator assigment dengan operator lain seperti operator aritmatika, string, bitwise, dll.

Agar memahami operator gabungan assigment ini, perhatikan contoh ini:

<?php
$a = 10;
$a = $a + 5;
$a = $a - 10;
echo "$a = $a";
echo "<br />";
// sama hasilnya dengan kode berikut ini:
$b = 10;
$b += 5; // sama dengan $b = $b + 5;
$b -= 10;// sama dengan $b = $b - 10;
echo "$b = $b";
?>

Pada baris ke.. saya memakai operator gabungan agar mempersingkat penulisan $b = $b + 5 jadi $b += 5;

Jenis-jenis Operator Gabungan (Combined Operators)

Operator gabungan assigment bisa dipakai hampir untuk seluruh operator lainnya, berikut tabel jenis operator gabungan assigment dalam PHP:

Operator gabungan ini akan mengirit penulisan kode program, tetapi bila kamu nyaman memakai kode yang sedikit panjang juga bukan masalah.

Dalam tutorial belajar PHP berikutnya, kita akan membicarakan mengenai perubahan tipe data dalam PHP, atau terkenal dengan istilah Type Juggling dan Type Casting dalam PHP.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *