Operand, Operator, dan Urutan Operator pada PHP

tutorial belajar PHP untuk pemula

Pada tutorial PHP sebelumnya, kita sudah mempelajari 4 tipe data dasar dalam PHP, yaitu Integer, Float, String dan Boolean, serta 1 tipe data bentukan: Array. Pada beberapa tutorial kedepan, saya akan mengulas operasi-operasi yang dapat dilakukan dengan kelima tipe data dasar PHP ini.

Sebagai permulaan, saat ini saya akan mulai dengan mendiskusikan pengertian operand, operator dan urutan operator di dalam PHP.

Pengertian Operand dan Operator

Dalam bahasa pemograman, terdapat istilah operand dan operator. Operand ialah nilai asal yang dipakai didalam proses operasi, sedangkan operator ialah arahan yang diberikan agar mendapatkan hasil dari proses itu.

Misalnya, operasi: 5+2. Angka 5 dan 2 ialah operand, sedangkan tanda tambah (karakter +) ialah operator. Beberapa operator bisa merubah nilai dari operandnya sendiri, meskipun sebagian besar cuma sebagai penghubung antar operand. Operator di dalam PHP banyak meminjam contoh karakter dari bahasa C dan Perl.

Jenis Operator Berdasarkan Jumlah Operand

Berdasarkan jumlah operand, operator bisa dibedakan jadi 3, yaitu Operator Unary, Binary dan Ternary.

  • Operator unary ialah operator yang cuma mempunyai 1 operand, misalnya karakter – (tanda minus). Tanda minus dipakai membuat sebuah angka jadi negatif, misalnya: -5, atau karakter + untuk menegaskan nilai positif, misalnya: +5.
  • Operator binary ialah operator yang mempunyai 2 operand. Operator jenis ini merupakan yang amat banyak dipakai, misalnya 5×2, atau 10/3.
  • Operator Ternary ialah operator yang mempunyai 3 operand. Didalam PHP cuma dikenal 1 operator ternary, yaitu operator keadaan (? :). Kita akan mempelajari operator ini dalam tutorial berikutnya.

Urutan Prioritas Operator dalam PHP

Sama seperti membuat persamaan dalam matematika, operator dalam PHP juga mempunyai urutan pemrosesan tersendiri. Misalnya terdapat kode program sebagai berikut:

$hasil1 = $a + $b/$c - $d;
$hasil2 = $a AND $b || $c AND $d;

Program itu akan dieksekusi oleh PHP dengan melihat urutan prioritasnya. Urutan prioritas ini menetapkan seberapa “dekat” operator dengan kedua operand-nya. Sebagai contoh, 2+3*5 hasilnya ialah 17, bukan 25.  Hal ini sebab operator perkalian

mempunyai prioritas lebih tinggi ketimbang operator penambahan (+).

Tetapi urutan prioritas ini bisa “dipaksa” dengan memakai tanda kurung, bila kamu mau menjumlahkan 2 dan 3 terlebih dulu, maka operasi sebelumnya bisa ditulis jadi  (2+3)*5 yang hasilnya ialah 25.

Berikut ialah tabel urutan prioritas operator dalam PHP. Operator paling atas lebih diutamakan ketimbang operator dibawahnya, dan operator yang berada dalam baris yang sama mempunyai urutan prioritas yang sama.

Dari tabel diatas, terdapat sejumlah operator yang berada dalam 1 baris. Bagaimana PHP memproses operator-operator yang mempunyai urutan prioritas sama? Di dalam PHP, operator itu akan diproses berdasarkan kolom arah proses.

Kolom arah proses (atau dalam manual PHP disebut dengan Associativity) dipakai untuk melihat bagaimana arah proses operator dijalankan.

Misalnya operator kurang (-), di dalam tabel bisa dilihat bahwa operator kurang (-) mempunyai arah proses “kiri”, sehingga operasi 5 – 3 – 1 oleh PHP diproses dari kiri ke kanan. 5 – 3 – 1 diproses jadi (5 – 3) – 1, dan hasilnya ialah 1.

Tetapi di dalam tabel, operator “=” mempunyai arah proses “kanan”, sehingga $a = $b = $c, akan diproses dari kanan terlebih dulu, jadi $a = ($b = $c).

Bila arah proses itu “non-arah”, berarti operator itu tidak dapat dipakai secara berdampingan. Misalnya 4 < 6 > 2, tidak bisa diproses oleh PHP, tetapi 1 <= 1 == 1 bisa diproses sebab operator == mempunyai urutan prioritas lebih rendah ketimbang <=.

Selain untuk memaksakan urutan prioritas, pemakaian tanda kurung juga akan mempermudah pembacaan program, bahkan saat tidak dibutuhkan. Misalnya $a AND $b OR $c, bakal lebih mudah dipahami saat ditulis jadi ($a AND $b) OR $c, meskipun sebetulnya operator AND mempunyai urutan prioritas lebih tinggi ketimbang OR.

Didalam tutorial PHP berikutnya, kita akan mengulas operator-operator didalam tabel diatas secara satu persatu bersama contoh penggunaannya.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *