Merubah Huruf Kecil ke Besar dan Sebaliknya di PHP

tutorial belajar PHP untuk pemula

Pada proses pembuatan program PHP, sesekali kita butuh untuk merubah huruf besar ke kecil dan sebaliknya, atau sering disebut dengan case conversion. Dalam tutorial belajar PHP saat ini saya akan mengulas 4 fungsi bawaan PHP yang dapat dipakai untuk kebutuhan ini: strtolower(), strtoupper(), ucfirst() dan ucwords().

Merubah Huruf Besar ke Kecil di PHP

Untuk merubah huruf besar ke kecil pada sebuah string PHP, kita dapat memakai fungsi strtolower(). Fungsi ini memerlukan 1 buah argumen, yaitu string yang akan diubah.

Berikut contoh pemakaian fungsi strtolower():

<?php
$kalimat = "SAYA Sedang Belajar PHP di INFANTHREE";
$kalimat_new = strtolower($kalimat);
echo $kalimat_new;
// saya sedang belajar php di infanthree
?>

Fungsi strtolower() biasa dipakai dalam operasi perbandingan string, sebab kadang-kadang kita tidak dapat menentukan apakah variabel asal telah dalam huruf kecil atau dalam huruf besar. Seperti contoh berikut:

<?php
$dari_user = "Adi";
$dari_database = "adi";
 
if ($dari_user == $dari_database) 
else 
 
// Hasil: Tidak Sama
?>

Kode diatas akan meberikan hasil: “Tidak Sama”. Bila kita mau mengabaikan perbedaan huruf ini, bisa menkonversi terlebih dulu kedua kata itu memakai fungsi strtolower():

<?php
$dari_user = "Adi";
$dari_database = "adi";
 
if (strtolower($dari_user) == strtolower($dari_database)) 
else 
 
// Hasil: Sama
?>

Saat ini hasil akhirnya ialah: “Sama”.

Dalam sebagian besar kasus, sebuah hasil inputan dari user (pada umumnya asalnya dari form), bisa dikonversi terlebih dulu ke dalam huruf kecil, kemudian baru di simpan ke dalam database, pada umumnya ini dibutuhkan untuk pemrosesan username:

<?php
$user_name = strtolower($_GET["user_name"]);
// proses variabel user_name disini ?>

Merubah Huruf Kecil ke Besar di PHP

Untuk merubah huruf besar ke kecil di dalam PHP, bisa memakai fungsi strtoupper(). Cara penggunaannya hampir sama dengan fungsi strtolower().

Berikut ialah contoh pemakaian fungsi strtoupper() di dalam PHP:

<?php
$kalimat = "SAYA Sedang Belajar PHP di INFANTHREE";
$kalimat_new = strtoupper($kalimat);
echo $kalimat_new;
// SAYA SEDANG BELAJAR PHP DI INFANTHREE
?>

Merubah Huruf Pertama Awal String

Fungsi ucfirst()  berguna untuk merubah huruf pertama awal string jadi huruf besar. Langsung saja kita lihat memakai contoh kode program:

<?php
$kalimat = "saya sedang belajar PHP di Infanthree";
$kalimat_new = ucfirst($kalimat);
echo $kalimat_new;
// Saya sedang belajar PHP di Infanthree
?>

Perhatikan bahwa fungsi ucfirst() ‘tidak peduli’ dengan karakter lain selain karakter pertama. Pada contoh diatas kata “PHP” memakai huruf besar, dan tak akan terpengaruh oleh fungsi ini.

Disamping itu, fungsi ucfirst() juga cuma merubah karakter pertama string, bukan karakter pertama setiap kalimat (yang dipisah dengan tanda titik), seperti kasus berikut ini:

<?php
$kalimat = "jangan diganggu! saya lagi serius belajar PHP. di infanthree.";
$kalimat_new = ucfirst($kalimat);
echo $kalimat_new;
// Jangan diganggu! saya lagi serius belajar PHP. di infanthree.
?>

Secara ‘teknis’, string diatas terdiri atas 3 kalimat, tetapi fungsi ucfirst() cuma ‘melihat’ karakter pertama string saja. Bila kamu mau merubah huruf pertama setiap kalimat, harus membuat fungsi tersendiri.

Merubah Huruf Pertama Setiap Kata

Jika yang diharapkan ialah supaya huruf pertama dalam setiap kata jadi huruf besar, PHP menyediakan fungsi ucwords(). Berikut contoh penggunaannya:

<?php
$kalimat = "saya sedang belajar php di infanthree";
$kalimat_new = ucwords($kalimat);
echo $kalimat_new;
// Saya Sedang Belajar Php Di Infanthree
?>

Seperti yang tampak, hasil akhirnya setiap huruf pertama setiap kata diubah jadi huruf besar. Bagaimana bila string itu mempunyai perpaduan huruf yang tidak sama? Ayo kita coba:

<?php
$kalimat = "SAYA Sedang Belajar PHP di INFANTHREE";
$kalimat_new = ucwords($kalimat);
echo $kalimat_new;
// SAYA Sedang Belajar PHP Di INFANTHREE
?>

Hasilnya, fungsi ucwords() cuma fokus dengan huruf pertama setiap kata. Untuk huruf kedua dan seterusnya, fungsi ini tak akan melakukan perubahan apapun.

Bila kamu mau supaya seluruh karakter ‘seragam’ dimana huruf pertama setiap kata dalam huruf besar, dan kata lain dalam huruf kecil, kita dapat menkombinasikan fungsi strtolower() dengan fungsi ucwords(), seperti berikut ini:

<?php
$kalimat = "SAYA Sedang Belajar PHP di INFANTHREE";
$kalimat_kecil = strtolower($kalimat);
$kalimat_new = ucwords($kalimat_kecil);
echo $kalimat_new;
// Saya Sedang Belajar Php Di Infanthree
?>

Hasilnya, seluruh string akan ditampilkan seragam, tidak peduli bagaimana perpaduan penulisan string awal.

Pada tutorial belajar PHP saat ini kita sudah membicarakan mengenai case conversion, yaitu fungsi untuk perubahan huruf di dalam PHP. Keempat fungsi ini cukup simple, namun sangat biasa dipakai untuk membuat kode program yang lebih kompleks.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *