Menggabungkan Array Menjadi String dengan Fungsi implode

tutorial belajar PHP untuk pemula

Bila PHP mempunyai fungsi explode() untuk menkonversi string jadi array, maka fungsi implode() ialah kebalikannya, yaitu menggabungkan atau menkonversi array jadi sebuah string. Dalam tutorial PHP saat ini kita akan mengulas pengertian dan cara pemakaian fungsi implode di PHP.

Pengertian Fungsi implode PHP

Fungsi implode() ialah fungsi bawaan PHP untuk menggabungkan array jadi string. Berikut format dasar penulisan fungsi implode:

string implode ( string $glue , array $pieces )
  • Hasil akhir fungsi implode berupa string.
  • Argumen pertama diisi dengan string ($glue) yang berguna sebagai karakter penyatu array.
  • Argumen kedua diisi dengan array ($pieces), yaitu array yang akan digabungkan.

Berikut contoh penggunaannya:

<?php
$arr_kata = ["satu", "dua", "tiga", "empat", "lima"];
$kalimat = implode(" ",$arr_kata);
echo $kalimat;
// satu dua tiga empat lima
?>

Pada kode diatas, variabel $arr_kata berisi array dengan 5 element, lalu saya menggabungkannya jadi string memakai fungsi implode(” “,$arr_kata). Hasilnya, setiap element array akan digabung dengan spasi.

Kita juga dapat memakai karakter lain untuk penggabungan ini, seperti contoh berikut:

<?php
$arr_kata = ["satu", "dua", "tiga", "empat", "lima"];
$kalimat = implode(", ",$arr_kata);
echo $kalimat;
// satu, dua, tiga, empat, lima
?>
<br>
<?php
$arr_kata = ["satu", "dua", "tiga", "empat", "lima"];
$kalimat = implode(" | ",$arr_kata);
echo $kalimat;
// satu | dua | tiga | empat | lima
?>

Dalam dua contoh diatas, saya memakai karakter “ ,” dan “ | ” sebagai pemisah string. Teliti juga bahwa fungsi implode() tidak menambahkan karater itu pada awal dan akhir string, namun cuma diantara element array.

Sebab alasan historis, PHP juga membolehkan penulisan fungsi implode() cuma dengan 1 argumen, yaitu array yang akan digabung:

<?php
$arr_kata = ["satu", "dua", "tiga", "empat", "lima"];
$kalimat = implode($arr_kata);
echo $kalimat;
// satuduatigaempatlima
?>

Fungsi implode() diatas sebetulnya sama dengan fungsi implode(“”, $arr_kata), dimana kita memakai string kosong untuk menggabungkan array. Hasil akhirnya, seluruh string digabung tanpa ada pemisah (jadi 1 string panjang). Tetapi supaya konsisten dengan fungsi explode(), disarankan kita tetap memakai 2 argumen untuk fungsi implode() ini.

Dalam tutorial belajar PHP ini kita sudah mendiskusikan cara mengkonversi array jadi string. Fungsi ini pada umumnya dipakai secara berduet dengan fungsi explode.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *