Mengenal Tag HTML samp, kbd, dan var

belajar HTML dan CSS untuk pemula

Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang 3 tag yang biasa digunakan untuk hal teknis yaitu Tag HTML samp, kbd, dan var

Selain tag <pre> dan tag <code>, di dalam HTML masih terdapat sejumlah tag yang terkait dengan hal teknis, yaitu tag <samp>, tag <kbd>, dan tag <var>. Ketiga tag ini umumnya cuma dijumpai dalam pembuatan konten web yang banyak melibatkan penulisan kode program. Ketiga tag ini lebih berfungsi kedalam pembuatan struktur HTML, dibandingkan tampilan.

Tag <samp>

Tag <samp> ialah kependekan dari Program Sample. Tag ini diperuntukkan untuk contoh kode program. Web browser akan menampilkan text di dalam tag ini dengan font monospace, tetapi akan menghilangkan spasi. Tag ini akan ditampilkan mirip seperti tag <code>.

Tag <samp> termasuk kelompok inline level element, dan mengikuti alur text yang ada.

Berikut ialah contoh cara penulisan dan pemakaian tag <samp> di dalam HTML:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar HTML di Infanthree</title>
</head>
<body>
<h3>Saya sedang belajar HTML di Infanthree.com</h3>
<p>HTML ialah singkatan dari 
<samp>Hypertext Markup           Language</samp></p>
</body>
</html>

Tag <kbd> dan tag <var>

Tag <kbd> ialah singkatan dari keyboard. Tag ini diperuntukkan untuk text yang berisi text inputan keyboard. Text yang ada di dalam tag ini akan ditampilkan memakai font monospace.

Tag <var> ialah singkatan dari variabel. Tag ini diperuntukkan untuk text yang berisi variabel matematika atau variabel program. Text yang ada di dalam tag ini akan ditampilkan dengan baris miring (italic).

Berikut ialah contoh pemakaian tag <kbd> dan <var> di dalam HTML:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar HTML di Infanthree</title>
</head>
<body>
<h3>Saya sedang belajar HTML di Infanthree.com</h3>
<p>Klik tombol <kbd>SHIFT</kbd> untuk merubah case.
<p>Variabel <var>a</var> akan berisi nilai integer</p>
</body>
</html>

Ketiga tag yang kita bahas disini lebih diperuntukkan bagi membuat struktur halaman HTML. Struktur ini akan berguna terutama bila halaman web ditampilkan dengan web browser ‘khusus‘ seperti screen reader yang akan menyebutkan bagian tag tertentu seperti ketiga tag ini secara berbeda.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *