Mengenal Jenis-jenis Operator Aritmatika di PHP

tutorial belajar PHP untuk pemula

Operator Aritmatika (Arithmetic Operators) atau operator matematika ialah operator dasar yang selalu kita pakai setiap hari. Dalam tutorial saat ini saya akan membicarakan mengenai pengertian, jenis dan cara pemakaian operator matematika di dalam PHP.

Mengenal Operator Aritmatika dalam PHP

Operator Aritmatika ialah operator matematis yang terdiri atas operator penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, modulus, plus, dan minus.

Jenis Operator Aritmatika dalam PHP

Didalam PHP terdapat tujuh macam operator aritmatika, berikut ke tujuh operator itu:

Tabel Jenis Operator Aritmatika PHP Sebagian besar operator aritmatika dalam PHP bertipe binary yaitu memerlukan 2 operand, kecuali operator minus (-) dan plus (+) yang merupakan operator tipe unary (cuma memerlukan 1 operand).

Dari ke 7 operator aritmatika dalam PHP itu, operator modulus ($a % $b) mungkin terdengar baru. Operator ini menghasilkan sisa hasil bagi dari hasil pembagian. Misalnya 10 % 3, hasilnya ialah 1. Pada umumnya operator modulus ini dipakai bersamaan dengan operator pembagian (/).

Cara Pemakaian Operator Aritmatika di dalam PHP

Penggunakan operator aritmatika di dalam PHP cukup mudah, sebab kita sudah terbiasa dengan operator ini.

Berikut ialah contoh kode program, cara pemakaian operator aritmatika dalam PHP:

<?php
$hasil1= -3;
$hasil2=3+5;
$hasil3=8-4.5;
$hasil4=2*5;
$hasil5=3+8/5-3;
$hasil6=10 % 4;
echo "$hasil1:"; var_dump($hasil1); // $hasil1:int(-3) 
echo "<br >";                   
echo "$hasil2:"; var_dump($hasil2); // $hasil2:int(8) 
echo "<br >";
echo "$hasil3:"; var_dump($hasil3); // $hasil3:float(3.5) 
echo "<br >";
echo "$hasil4:"; var_dump($hasil4); // $hasil4:int(10) 
echo "<br >";
echo "$hasil5:"; var_dump($hasil5); // $hasil5:float(1.6) 
echo "<br >";
echo "$hasil6:"; var_dump($hasil6); // $hasil6:int(2) 
?>

Pada kode program diatas, saya memakai fungsi var_dump() untuk menampilkan hasil perhitungan, sehingga kita dapat melihat tipe data dari masing-masing variabel.

Dari hasil var_dump(), tampak bahwa variabel $hasil3 dan $hasil5 bertipe float. Hal ini disebabkan perhitungan aritmatika pada baris ke-4 dan ke-6  menghasilkan angka desimal, sehingga dengan otomatis variabel itu tidak bisa ditampung sebagai integer, tetapi harus float.

Tetapi bila hasil operasi matematis itu menghasilkan bilangan bulat, PHP akan menyimpannya sebagai tipe data int (integer), seperti variabel $hasil1, $hasil2, $hasil4 dan $hasil6.

Pada perhitungan baris ke-6 yaitu persamaan $hasil5=3+8/5-3, hasilnya ialah 1.6. Hal ini sebab operator pembagian mempunyai prioritas lebih tinggi ketimbang operator tambah dan kurang. Operasi 3+8/5-3 dikerjakan oleh PHP sebagai (3+(8/5))-3. Tetapi untuk hal ini, dianjurkan memakai tanda kurung secara tertulis supaya mempermudah dalam membaca alur program, ketimbang tergantung kepada aturan prioritas operator PHP.

Tetapi bila tidak ditegaskan dengan memakai tanda kurung, urutan prioritas operator matematis dalam PHP mengikuti aturan tabel yang kita bahas pada tutorial Pengertian Operand, Operator dan Urutan Operator dalam PHP

Itulah operator-operator dasar aritmatika dalam PHP. Untuk kebutuhan yang lebih rinci seperti pemangkatan, logaritma, exponensial dan sinus, PHP menyediakan fungsi matematika (Mathematical Functions) yang akan kita bahas pada tutorial PHP lanjutan.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *