Mengenal Bahasa Program PHP untuk Web

tutorial belajar PHP untuk pemula

Untuk membuat sebuah software berjalan, pastilah perlu dengan memakai perintah yang disusun dari sebuah bahasa program. Dalam kesempatan ini kita akan mengenal bahasa pemrograman untuk Web yaitu PHP.

PHP ialah sebuah bahasa pemrograman web yang amat banyak digunakan sekarang ini. Hampir seluruh mesin pembangun web dibuat dalam bahasa PHP. Sebut saja script-script canggih yang ada sekarang seperti WordPress, Joomla, Drupal, SMF, VBulletin, WHMCS, sampai aneka macam script pembangun online shop dibangun memakai bahasa PHP.

Pada awal mulanya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf di tahun 1995. Pada saat itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang dipakai untuk mengolah data formulir dari web.

Berikutnya Rasmus merilis kode sumber itu untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini jadi sumber terbuka, maka banyak pemrogramyang tertarik untuk turut mengembangkan PHP.

PHP ialah termasuk pemrograman server side yang berarti script PHP dieksekusi sebelum ditampilkan di jendela browser. Saat ada visitor membuka suatu web dan melakukan request data, maka PHP akan melakukan pengolahan dulu di server. Bila telah selesai, baru deh dikirimkan ke user dalam wujud HTML sehingga dapat terbaca di jendela browser client.

Untuk dapat membangun sebuah file PHP, kamu memerlukan sebuah server yang terinstall PHP didalamnya. Bagi pemakai Windows, sudah tersedia aneka software local server yang dapat kamu manfaatkan. Salah satu yang saya gunakan ialah AppServ. Kamu bisa mendownloadnya disini: http://www.appservnetwork.com

Sesudah kamu install, maka kamu akan mendapatkan directory baru. Defaultnya di C:AppServ
Semua file PHP harus ditaruh di directory: C:AppServwww semua file PHP yang diletakkan diluar directory itu tidak akan dapat dieksekusi. Oke, telah paham?

Untuk mengakses file PHP caranya cukup dengan mengetikkan alamat: http://localhost
Contohnya nama filenya coba.php maka kamu tinggal ketik: http://localhost/coba.php
Bila filenya ada di directory webphp, maka ketik saja: http://localhost/webphp/coba.php

Mungkin itu saja perkenalan kita dengan PHP dan bagaimana kita nanti bekerja dengan PHP. Pada artikel mendatang kita akan buat file PHP pertama dan tentu kamu dapat mengujinya nanti. Namun sekarang, pastikanlah kamu telah memiliki server local di komputer atau laptop kamu. Bisa gunakan AppServ, bisa juga gunakan XAMPP atau server lokal yang lain. Sampai jumpa nanti ya


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *