Menangani Fatal error Maximum execution time of 30 seconds exceeded XAMPP

tutorial belajar PHP untuk pemula

Saat merancang atau menjalankan kode program PHP, ada masanya sebuah program butuh waktu proses yang tidak sebentar, dan tidak lama kemudian tampil pesan Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded. Pada tutorial PHP saat ini saya akan mencoba mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah ini.

Cara Merubah pengaturan max_execution_time PHP

Pesan Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded asalnya dari sebuah setingan PHP: max_execution_time = 30. Pengaturan ini dimaksudkan untuk memaksa kode PHP supaya berhenti bekerja jika dalam waktu 30 detik belum juga selesai di proses. Tujuannya, agar sumber daya sistem (seperti processor) tidak bekerja terus-menerus.

Secara garis besar, sebuah kode PHP cuma memerlukan waktu beberapa detik untuk menjalankan kode program. Jika lebih, ditakutkan terdapat kode yang salah, seperti infinity loop (kode perulangan yang belum pernah berhenti).

Dalam kasus tertentu, proses yang lama ini memang tidak dapat dihindari. Salah satu penyebabnya saat kita mendownload atau mengunggah file yang lumayan besar.

Sebagai contoh, saat saya mengistall wordpress secara offline, dan mau mengupdate wordpress atau menginstall plugin, kita perlu menanti proses download ini. Bila koneksi internet yang kamu pakai cukup lambat, pesan Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded hampir tentu akan muncul, dan proses update tidak sukses.

Cara mengatasi error Maximum execution time of 30 seconds exceeded

Caranya yaitu dengan menambah batasan waktu dari pengaturan: max_execution_time.

Seluruh settingan PHP berada di dalam file yang bernama PHP.ini. Bila kamu memakai XAMPP, file ini dapat didapati di folder_xampp/php/php.ini.

File PHP.ini juga dapat diakses dari jendela XAMPP Control Panel, seperti tampilan berikut:

Sesudah file PHP.ini terbuka (pada umumnya dari aplikasi notepad bawaan windows). Cari baris “max_execution_time”, mudahnya bisa memakai fitur ‘find’. Sesudah ketemu, ubah angka disebelah kanan max_execution_time.

Secara default, angka max_execution_time di set sebesar 30, yang artinya kode PHP diberi kesempatan maksimal terlama 30 detik. Silahkan merubah nilai ini jadi angka yang lebih besar. Saat ini saya akan mengubahnya jadi 300, yang artinya kode PHP diberi kesempatan selama 300 detik (5 menit) untuk menyelesaikan tugasnya. Kamu juga dapat memberikan angka 0, yang artinya tak ada batasan waktu.

Sesudah itu, save file PHP.ini (dapat dengan menekan perpaduan tombol CRTL+S), kemudian restart Apache (dari XAMPP Control Panel, tekan tombol Stop di Apache, kemudian klik kembali tombol Start).

Sekarang, semestinya pesan Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded sudah keluar lagi. Tetapi perlu dicatat bahwa bisa saja web browser ‘hang’ selagi menanti kode PHP selesai memproses kode yang cukup lama ini.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *