Membuat Huruf Tebal di HTML

belajar HTML dan CSS untuk pemula

Pada pembuatan text, sesekali kita perlu untuk membuat beberapa kata dalam format huruf tebal untuk penekanan kalimat. Di dalam HTML, untuk membuat huruf tebal, kita memakai tag <b> dan tag <strong>. Pada tutorial HTML berikut ini, kita akan mengulas Cara Membuat Huruf Tebal di HTML dengan tag <b> dan <strong>.

Tag <b> dan Tag <strong>

Bila kamu sudah membaca tutorial text HTML sebelumnya, yaitu tentang tag <i> dan tag <em>, maka peristiwa serupa juga dialami oleh tag <b> dan tag <strong>.

Pada masa-masa awal perkembangan web, CSS di waktu itu belum berkembang seperti saat ini, sehingga kebutuhan untuk merubah atau mempercantik halaman web, ditangani langsung oleh HTML.

Tag <b> ialah singkatan dari bold yang di dalam aplikasi pemrosesan text berarti huruf tebal. Sama seperti alasan pada tag <i>, di waktu era xHTML, tag <b> juga dianjurkan agar tidak dipakai lagi, sebab tag yang menangani tampilan semestinya digantikan dengan CSS.

xHTML kemudian menyediakan tag <strong> yang artinya “strong importance” untuk menggantikan pemakaian tag <b>. Tag <strong> dipakai di bagian text yang mesti penekanan khusus seperti arahan, atau kalimat penting. Web browser akan menampilkan tag <strong> dengan huruf tebal.

Di saat HTML5 keluar, tag <b> kembali di ‘restui’ jadi tag resmi HTML, tetapi dengan maksud sebagai “stylistically offset”, atau penggunaannya ialah untuk menandai kata kunci atau nama produk yang dirasa perlu untuk ditulis beda dengan text di sekitarnya.

Berikut ialah contoh perbedaan pemakaian tag <b> dan tag <strong>:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar HTML di Infanthree</title>
</head>
<body>
<p>Saya sedang belajar di <b>Infanthree.com</b></p>
<p>HTML ialah <strong>bahasa wajib programmer web</strong></p>
</body>
</html>

Di pada contoh itu, saya memakai tag <b> untuk penulisan nama situs infanthree, dan tag <strong> untuk penekanan kalimat penting.

Untuk membuat hasil berupa huruf tebal di dalam CSS, kita dapat memakai:

font-weight: bold;

Sama seperti tag <i>, tag <b> lebih populer di pakai dibandingkan dengan tag <strong>, hal ini terutama dikarenakan sebab tag <b> sudah ada dari awal perkembangan HTML. Di dalam spesifikasi HTML5, kedua tag ini mempunyai tampilan yang sama, tetapi dengan pengertian yang berbeda.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *