Membuat Description List pada HTML

belajar HTML dan CSS untuk pemula

Selain mempunyai jenis ordered daftar dan unordered daftar, HTML masih mempunyai jenis daftar lainnya, yaitu Description Daftar. Pada tutorial HTML lanjutan saat ini kita akan mempelajari Cara Membuat Description list pada HTML memakai tag dl, dt dan dd.

Pengertian Description List dalam HTML

Description list ialah jenis daftar yang diperuntukkan bagi membuat struktur yang berisi penjelasan atau daftar penjelasan.

Daftar jenis ini mungkin tidak setenar ordered list atau unordered list, tetapi bila kamu memerlukan struktur HTML untuk membuat daftar yang berisi penjelasan istilah-istilah dengan keterangannya, mungkin bisa memakai daftar jenis ini.

Cara Membuat Description list dalam HTML

Untuk membuat Description list, seluruh daftar harus berada di dalam pasangan tag <dl> dan </dl>. Untuk tiap penjelasan atau judul istilah, kita memakai tag <dt>. Sedangkan untuk penjelasan istilah itu, kita memakai tag <dd>.

Berikut ialah contoh kode program description list dalam HTML:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar HTML di Infanthree</title>
</head>
<body>
<h3>Saya sedang belajar HTML di Infanthree.com</h3>
 
<dl>
<dt>HTML</dt>
<dd>HTML ialah singkatan dari Hypertext Markup Language.</dd>
<dt>CSS</dt>
<dd>CSS ialah singkatan dari Cascading Style Sheet.</dd>
<dt>PHP</dt>
<dd>PHP ialah singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor.</dd>
</dl>
 
</body>
</html>

Perhatikan cara penulisan description list diatas, untuk tiap tag <dt>, diikuti oleh tag <dd>. Tetapi kita dapat pula menambahkan beberapa tag <dd> pada satu tag <dt>, dan demikian pula sebaliknya.

Di dalam web browser, isi dari penjelasan pada tag <dd> akan ditampilkan dengan sedikit menjorok (indent) dari bagian istilahnya.

Untuk mempermudah mengingat, tag <dt> bisa disebut sebagai ‘data term’, dan tag <dd> sebagai ‘data description’.

Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *