Cara Menulis Komentar dalam Kode PHP

tutorial belajar PHP untuk pemula

Pada tutorial Belajar PHP saat ini kita akan mengulas cara penulisan komentar di dalam kode PHP. PHP menyediakan beberapa cara untuk menambahkan komentar yang serupa dengan cara memberikan komentar di bahasa pemrograman lain seperti C, C++ dan Unix Shell.

Komentar di butuhkan untuk memberikan penjelasan kepada orang lain yang membaca kode kita. Komentar sepenuhnya akan diabaikan oleh PHP di saat eksekusi. Meskipun kamu berpikir bahwa mungkin cuma kamu yang akan membaca kode program itu, tetapi itu merupakan ide yang baik.

Saya sendiri selalu bingung saat memahami beberapa baris kode program sesudah beberapa bulan tidak menatapnya.

Komentar yang baik ialah komentar singkat dan tak begitu panjang, tetapi memberikan penjelasan tentang kegunaan kode atau variabel itu dibuat.

Disamping sebagai tempat membuat penjelasan, sifat komentar yang tak akan dieksekusi oleh PHP, memberikan keuntungan lain pada proses pembuatan program. Saya sering menjadikan beberapa baris kode program sebagai komentar saat mencari tahu penyebab error kode program yang sedang dibuat (proses debugging).

 PHP menyediakan beberapa cara untuk membuat komentar, dan semuanya asalnya dari bahasa pemrograman populer lain seperti C, C++, dan Unix Shell.

1. Metode Komenter Unix Shell

Disebut sebagai cara komentar Unix Shell, sebab cara memberikan komentar ini asalnya dari sistem Unix. Metode ini memakai karakter tanda pagar atau hash mark (#). PHP akan mengabaikan semua text yang ada sesudah tanda pagar sampai akhir baris atau tag penutup PHP (mana yang terlebih dulu ditemukan).

Sebab sifatnya yang cuma memengaruhi satu baris saja, Metode Komenter Unix Shell efektif dipakai untuk membuat komentar pendek.

<?php
$nilai = $p * exp($r * $t); # menghitung bunga majemuk
?>

Beberapa programmer juga sering memakai karakter # untuk memisahkan bagian kode PHP dengan bagian lainnya, seperti berikut:

#######################
## Falidasi Form Register
#######################
... Kode program PHP disini

Saat kamu membuat kode program PHP dan HTML yang saling berhubungan, Komenter Unix Shell ini dapat dipakai seperti contoh berikut:

<?php $nama = "infanthree"; # Set $nama jadi infanthree ?>
<br> <?php echo $nama; ?>
... kode HTML selanjutnya

2. Metode Komenter C++

Metode komentar ini meminjam cara membuat komentar dari bahasa pemrograman C++. Hampir sama dengan cara komentar Unix Shell, metode komentar C++ ini berlaku cuma untuk sebuah baris atau sampai tag penutup PHP, Namun saat ini karakter yang dipakai ialah dua kali garis miring (two slashes), yaitu “//”.

Sebab sifatnya yang sama seperti Unix Shell, seluruh contoh tanda ‘#’ bisa diganti dengan ‘//’, berikut misalnya:

$nilai = $p * exp($r * $t); // menghitung bunga majemuk
/////////////////////////////
// Falidasi Form Register
/////////////////////////////
... Kode program PHP disini
<?php $nama = "infanthree"; // Set $nama jadi infanthree. ?> 
<br> <?php echo $nama; ?>
... kode HTML selanjutnya
Saya lebih menyenangi memakai Metode Komenter C++ ini dibandingkan dengan cara Unix Shell, sebab tombolnya mudah dicapai. Untuk menekan tanda “#”, kamu perlu menekan tombol shift di keyboard terlebih dulu, tetapi untuk mengetik tanda “//” kita tinggal memakai satu tangan kanan untuk mencapainya di keyboard.

3. Metode Komentar C

Bila metode komentar Unix Shell dan C++ efektif untuk membuat komentar pendek, untuk membuat komentar yang panjang, PHP meminjamnya dari bahasa C. Metode komentar ini disebut juga tipe komentar blok sebab sifatnya yang perlu diberikan tanda tutup untuk mengakhiri komentar.

Untuk memulai komentar, kita menuliskan sebuah garis miring dan disertai dengan tanda bintang (/*). Semua text sesudah tanda itu akan dianggap sebagai komentar sampai PHP mendapatkan tanda tutup, yaitu karakter bintang dan disertai dengan garis miring (*/). Metode komentar C ini bisa meliputi beberapa baris.

Berikut ialah contoh pemakaian Metode Komentar C

<?php
/* Dalam bagian ini kita akan membuat
beberapa variabel dan memberikan nilai awal.
Nilai awal ini cuma sebagai contoh saja, jadi jangan dianggap serius
*/
$nama = “Andi”;
$a = 10;
$situs = “infanthree”;
$b= 2014;
?>

Metode Komentar C ini juga berfungsi untuk “menanggapi” beberapa baris program supaya tidak dijalankan oleh PHP, Seperti contoh berikut:

<?php
$a= 3;
/*
bagian ini tak akan dijalankan oleh PHP
$b = 7;
$c = 8;
*/
?>

Tetapi kamu harus berhati-hati agar tidak membuat blok komentar yang saling bertumpuk, seperti kode berikut:

<?php
$a = 12;
/*
$j = 10; /* Ini merupakan komentar */
$k = 11;
Ini merupakan komentar
*/
?>

Pada contoh diatas, PHP akan tidak sukses menjalankan kode program dan menghasilkan error dikarenakan komentar yang saling berhimpitan (overlapping).


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *