Cara Menjalankan Apache di XAMPP

tutorial belajar PHP untuk pemula

Sesudah aplikasi XAMPP sukses diinstal, pada tutorial saat ini kita akan mempelajari Cara Menjalankan Apache di XAMPP

Secara teknis, PHP sebetulnya ialah sebuah modul yang berjalan pada web server. Di waktu menginstall XAMPP, kita sudah menginstall aplikasi web server Apache yang juga ada modul PHP didalamnya. Web server Apache sendiri tidak cuma dapat menjalankan file PHP, tetapi juga modul-modul lainnya seperti Perl.

Sebab PHP berjalan pada web server, maka setiap kita menjalankan file PHP, kita perlu menjalankan web server. Melalui aplikasi XAMPP, proses menjalankan dan menghentikan web server jadi begitu mudah.

Cara Menjalankan Web Server Apache dengan XAMPP Control Panel

Untuk menjalankan web server Apache, pertama kali kita perlu menjalankan aplikasi XAMPP Control Panel. Bila jendela itu belum terbuka, kamu bisa melaksanakannya dari START –> All Program –> XAMPP –> XAMPP Control Panel.

Pada tampilan XAMPP Control Panel, kita bisa melihat modul atau program apa saja yang dapat dijalankan dari XAMPP, seperti Apache Web Server, MySQL, Program FTP Filezilla, dan beberapa aplikasi lainnya.

Untuk menjalankan Apache, silahkan tekan tombol Start pada kolom Action untuk menu Apache. Warna backgroud dari text Apache akan beralih jadi kuning yang tandanya proses sedang dimulai. Tunggulah beberapa waktu sampai warna background text Apache jadi hijau yang tandanya web server itu sudah berjalan di latar belakang.

Untuk menghentikan web server, tinggal tekan tombol Stop sampai warna hijau hilang dari text Apache. Beberapa konfigurasi dan tombol lainnya bisa diabaikan dulu, sebab untuk sekarang ini kita cuma butuh mengetahui cara menjalankan dan mematikan web server saja.

Sekedar catatan, di dalam 1 PC kamu cuma dapat menjalankan satu web server di saat yang bersamaan. Sehingga bila kamu tidak berhasil menjalankan Apache, kemungkinan besar terdapat aplikasi web server lainnya yang masih berjalan (mungkin saja kamu telah pernah mengistall aplikasi XAMPP sebelumnya).

Pengertian Localhost

Sesudah web server Apache berhasil dijalankan, untuk mengakses web server ini kamu bisa memakai web browser biasa seperti Google Chrome, atau Mozilla Firefox.

Untuk mengakses web server yang baru saja kita jalankan, silahkan buka web browser lalu ketikkan pada address bar: localhost dan klik tombol Enter. Bila tak ada masalah, halaman awal XAMPP akan timbul.

Alamat localhost ialah alamat khusus yang diterjemahkan oleh web browser untuk mengakses web server pada komputer itu sendiri. Selain memakai alamat localhost, kamu dapat pula memakai alamat IP 127.0.0.1 untuk merujuk kepada komputer sendiri (local).

Bila ini merupakan pertama kali kamu menjalankan XAMP, maka pada halaman awal localhost XAMPP akan timbul pilihan bahasa. Sebab XAMPP belum menyediakan bahasa Indonesia, tak ada opsi lain selain english 🙂

Berikutnya pada browser akan tampil menu home dari XAMPP. Pada menu sebelah kiri atas sepintas akan tampil versi PHP yang dibawa oleh XAMPP, pada contoh ini versi PHP yang dipakai ialah PHP versi 5.5.6.

Untuk tampilan rincian dari versi PHP dan fitur yang aktif, silahkan klik menu phpinfo() pada menu di sebelah kiriMenu phpinfo() menyuguhkan banyak informasi mengenai versi PHP bersama modul-modulnya. Bila ini merupakan pertama kali kamu mempelajari PHP, untuk sementara silahkan abaikan saja halaman ini.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *