Cara Membuat Huruf Miring di HTML

belajar HTML dan CSS untuk pemula

Mengubah format text seperti membuat huruf miring, adalah sesuatu biasa yang kita lakukan dalam aplikasi text processing, contohnya Microsoft Word. Dalam tutorial saat ini, kita akan mengulas Cara Membuat Huruf Miring dalam HTML dengan tag <i> dan <em>.

Tag <i>

Tag <i> ialah singkatan dari italic. Italic merupakan sebutan untuk karakter text yang ditulis miring. Pada awal mulanya, tag <i> tidak mempunyai arti struktur apa-apa, dan pernah berstatus deprecated yang berarti dianjurkan agar tidak dipakai lagi.

Hal ini terjadi sebab tag <i> semata-mata bertujuan untuk membuat huruf italics, atau garis miring. Sebagian programmer berpandangan bahwa tag yang bertujuan visual semacam ini disarankan tidak digunakan dan dialihkan kepada CSS.

Pada era HTML5 sekarang ini, tag <i> tetap dipertahankan, tetapi defenisinya diganti jadi “alternative voice”. Alternative Voice dimaksudkan untuk menandai bagian artikel yang ‘pengucapan’ atau ‘mood‘-nya berbeda, seperti untuk menandai kata atau kalimat yang asalnya dari bahasa asing.

Tag <i> masuk dalam tipe tag inline, yang akan mengikuti alur text yang ada.

Berikut ialah contoh cara penulisan dan pemakaian tag <i> di dalam HTML:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar HTML di Infanthree</title>
</head>
<body>
<h3>Saya sedang belajar HTML di Infanthree.com</h3>
<p>HTML ialah singkatan dari <i>Hypertext Markup Language</i></p>
</body>
</html>

Tag <em>

Tag <em> ialah singkatan dari Stresses Emphasis. Stresses Emphasis diperuntukkan bagi menandai bagian text yang harus di tekankan. Dalam implementasinya, tag <em> akan ditampilkan dengan huruf miring, sehingga serupa dengan tag <i>.

Tag <em> masuk dalam tipe tag inline, yang akan mengikuti alur text yang ada.

Berikut ialah contoh cara penulisan dan pemakaian tag <em> di dalam HTML:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar HTML di Infanthree</title>
</head>
<body>
<p>Saya sedang belajar <em>HTML</em> di Infanthree.com</p>
<p>HTML ialah singkatan dari Hypertext Markup Language</p>
</body>
</html>

Meskipun keduanya sama-sama ditampikan dengan garis miring, tag <i> dan tag <em> dimaksudkan untuk tujuan yang berbeda. Tag <em> dipakai untuk penekanan kata, sedangkan tag <i> dipakai untuk kata asing yang pengucapannya berbeda.

Dalam pemakaian setiap hari, kedua tag ini selalu dipertukarkan. Bahkan tag <i> lebih biasa dipakai dibandingkan dengan tag <em>. Beberapa programmer juga berpandangan bahwa kita tidak mesti mengikuti aturan perbedaan ini, dan memakai apa yang lebih familiar selama hal tersebut tidak jadi masalah.

Untuk membuat hasil huruf mirng di dalam CSS, kita dapat memakai:

font-style: italics;

Demikianlah tutorial Cara Membuat Huruf Miring di HTML dengan menggunakan Tag <em> dan Tag <i>. Jika kamu rasa ini bermanfaat, silahkan share ke sosial mediamu.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *