Cara Format Tampilan Angka dalam PHP dengan Fungsi number_format

tutorial belajar PHP untuk pemula

Bahasa PHP menyediakan beberapa fungsi bawaan untuk memformat tampilan angka. Pada tutorial belajar PHP saat ini kita akan mengulas salah satunya, yaitu fungsi number_format(). Fungsi ini juga dapat dipakai untuk menformat angka supaya sesuai dengan penulisan mata uang rupiah.

Pengertian Fungsi number_format

Fungsi number_format() ialah fungsi bawaan PHP yang dapat dipakai untuk memformat tampilan angka, baik itu angka integer ataupun float. Dengan memformat tampilan angka, akan membuatnya lebih ‘cantik’ dan mudah dibaca. Disamping itu fungsi ini juga akan membulatkan atau menambahkan angka “0” dibelakang koma bila diperlukan.

Fungsi number_format() mempunyai 2 buah cara penulisan, yaitu dengan 2 argumen atau 4 argumen. Untuk fungsi dengan 2 argumen, berikut ialah format dasar penulisannya:

string number_format ( float $number [, int $decimals = 0 ] )
  • Hasil akhir fungsi ini bertipe string.
  • Argumen pertama ($number) memerlukan input nilai angka yang akan diformat. Argumen ini bertipe float, namun dapat pula bisa diisi dengan nilai integer.
  • Argumen kedua ($decimals) bersifat opsional. Argumen ini menentukan berapa jumlah angka desimal (angka di belakang koma) yang diperlukan. Jika tidak diisi, dianggap sebagai 0.

Langsung saja kita lihat contoh pemakaian fungsi number_format() ini:

<?php
$angka = 1999.12345;
$angka_format = number_format($angka);
echo $angka_format;
// 1,999
?>

Bisa tampak, fungsi number_format() akan “membuang” semua bagian desimal dari angka diatas. Ini terjadi sebab secara default, fungsi ini memakai 0 sebagai jumlah digit desimal (angka di belakang koma).

Sebetulnya fungsi number_format() tidak betul-betul “membuang” nilai desimal, namun membulatkannya, seperti contoh berikut:

<?php
$angka = 1999.99;
$angka_format = number_format($angka);
echo $angka_format;
// 2,000
?>

Bisa tampak bahwa nilai 1999.99 akan dibulatkan jadi 2,000.

Dengan menambahkan argumen kedua, kita dapat menentukan berapa digit desimal yang dibutuhkan:

<?php
$angka = 1999.888;
$angka_format = number_format($angka,2);
echo $angka_format;
// 1,999.89
?>

Saat ini fungsi number_format() akan membatasi 2 digit desimal. Disamping itu bisa kamu lihat bahwa fungsi ini juga membulatkan nilai desimalnya.

Bagaimana bila angka awal tidak tidak mempunyai angka desimal? Ayo kita lihat:

<?php
$angka = 1999;
$angka_format = number_format($angka,3);
echo $angka_format;
// 1,999.000
?>

Hasilnya, string akhir akan ditambahkan angka “0” di bagian desimalnya. Dengan begitu kita dapat membuat format angka dengan panjang seragam.

Teliti juga bahwa PHP tetap memakai tanda koma “ , ” sebagai pemisah nilai ribuan, dan titik “ . ” sebagai pemisah nilai desimal. Ini merupakan aturan penulisan di Amerika. Nantinya, dengan fungsi number_format() kita juga dapat merubah format ini supaya sesuai dengan aturan penulisan angka di Indonesia, dimana tanda titik dipakai sebagai pemisah ribuan, dan tanda koma sebagai pemisah nilai desimal.

Bentuk penulisan lain dari fungsi number_format() memerlukan 4 argumen. Berikut format dasar penulisannya:

string number_format ( float $number , int $decimals = 0 , 
string $dec_point = "." , string $thousands_sep = "," )

Format penulisan diatas tampak rumit, tetapi sebetulnya cukup simple. Argumen ketiga dan keempat fungsi number_format() dipakai untuk menentukan karakter apa sebagai pemisah nilai ribuan dan nilai desimal.

Sebagai contoh, sebab di Indonesia kita memakai karakter titik sebagai pemisah angka ribuan dan karakter koma sebagai pemisah desimal, saya bisa memformat angka itu dengan fungsi number_format(), seperti contoh berikut:

<?php
$angka = 1999.12345;
$angka_format = number_format($angka,2,",",".");
echo $angka_format;
// 1.999,12
?>

Bisa tampak sekarang, angka akan ditampilkan dalam format ‘umum’ yang kita pakai setiap hari. Lebih jauh lagi, kita dapat menambahkan string “Rp. ” sebagai awalan supaya hasilnya pas untuk nilai mata uang rupiah. Berikut misalnya:

<?php
$angka = 3050145.756;
$angka_format = number_format($angka,2,",",".");
echo "Rp. ".$angka_format;
// Rp. 3.050.145,76
?>

Saya coba menyambungkan awal “Rp. ” dengan string hasil fungsi number_format() pada kode diatas . Tampilan itu cocok dipakai untuk hasil akhir angka mata uang untuk membuat laporan yang banyak melibatkan nilai uang.

Dalam tutorial PHP saat ini kita sudah mendiskusikan salah satu fungsi praktis untuk memformat angka. Fungsi number_format() akan selalu kamu pakai untuk mempercantik hasil akhir program yang melibatkan angka.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *