Belajar Variabel dalam PHP

tutorial belajar PHP untuk pemula

Waktu bekerja dengan PHP, kita akan banyak berjumpa dengan variabel. variabel ialah sebuah wadah yang menampung nilai-nilai tertentu. Variabel dalam PHP selalu didahului dengan kode $ dan dimulai dengan huruf abjad. Misalnya semacam ini:

$nama = 'Spongebob Squarepants';
$kota = 'Makassar';
$negara = 'Indonesia';

$nama, $kota dan $negara pada kode diatas merupakan nama-nama variabel PHP. Sedangkan Spongebob Squarepants, Makassar dan Indonesia ialah value atau nilai dalam variabel itu. Cara membuat dan mengisi variabel ialah seperti diatas. Kita tidak harus melakukan deklarasi dulu.

Disamping itu, kita juga dapat memakai variabel sebagai nama variabel. Misalnya semacam ini:

$var = 'nama';
$$var = 'Spongebob Squarepants';
echo $$var;
echo $nama;

Kode diatas akan menghasilkan tulisan SpongebobSquarepantsSpongebobSquarepants
Tertulis 2x untuk memperlihatkan hasil tampilan variabel $$var dan $nama. Keduanya bernilai sama. Nanti ketikan berurusan dengan kode yang kian kompleks, kamu akan memerlukan variabel dalam variabel ini.


Butuh Web Developer Makassar atau Jasa SEO di Makassar yang bergaransi? Jangan ragu dengan infanthree.com. Kami juga penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Makassar yang terkemuka. Selain itu ada layanan SEM, SMM, Internet Marketing Agency Makassar dan Social Media, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik, hingga pelatihan komputer dan internet marketing.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *