5 Inovasi Teknologi dari Jepang yang Merubah Dunia!

5 Inovasi Teknologi dari Jepang yang Merubah Dunia!

Informasi dengan judul Wow, 5 Inovasi Teknologi dari Jepang Ini Merubah Dunia! ini asalnya dari situs lain.

Jepang memang salah satu negara yang gencar mengembangkan inovasi-inovasi baru di bidang teknologi. Tidak cuma gencar, bermacam-macam inovasi mereka juga sudah diakui dan dipakai oleh semua dunia. Kenyataannya, negara Jepang merupakan rumah dari 10% perusahaan paling inovatif di dunia menurut analisa dari Forbes. Berikut ialah 5 inovasi teknologi dari Jepang yang merubah dunia.

  1. Shinkansen atau kereta super cepat (1964)

Shinkasen atau kereta super cepat merupakan salah satu inovasi teknologi dari Jepang, yang membuat transportasi antar kota kian mudah dan cepat. Dulu, Tokyo ke Osaka menghabiskan waktu berkisar 6 jam perjalanan, sesudah Hikari No.1 dibuat di tahun 1964, waktu itu dipangkas jadi 4 jam perjalanan saja. Bersamaan dengan berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, sekarang perjalanannya cuma menghabiskan waktu 2 jam saja. Penjelasannya bisa dilihat di gambar berikut.

  1. Kalkulator Saku (1970)

Kalkulator saku pertama kali dibuat di tahun 1970 yang merupakan inovasi teknologi dari Jepang. Sebelum inovasi ini didapati, orang-orang harus membawa kalkulator yang lumayan besar saat memerlukannya. Model ini nantinya yang jadi asal mula aplikasi kalkulator yang terdapat di smartphone kita.

  1. Walkman (1979)

Siapa yang tak kenal dengan inovasi teknologi dari Jepang yang satu ini. Walkman ialah inovasi teknologi di bidang musik dari perusahaan besar Jepang yaitu Sony, yang dimana kita bisa mendengarkan musik sesuai dengan pilihan kita dimanapun dan kapanpun tanpa perlu membawa alat yang lumayan besar. Anak-anak kelahiran 80 dan 90-an pasti mengenal teknologi yang satu ini. Sebelum ditemukannya Walkman, satu-satunya cara mendengarkan musik ialah melalui radio portable. Teknologi ini pula yang membuat industri musik berkembang dengan cepat seperti sekarang ini.

  1. Cahaya Blue LED (awal tahun 1990-an)

Inovasi teknologi ini didapati oleh 3 orang peneliti Jepang yaitu, Isamu Akasaki, Hiroshi Amano, dan Shuji Nakamura, saat mereka berhasil membuat cahaya Blue LED memakai alat semi-konduktor mereka. Penemuan ini sendiri jadi asal mula dari teknologi seperti lampu dan TV hemat energi, layar komputer, bahkan smartphone.

Ketiga peneliti ini mendapatkan penghargaan Nobel di bidang fisika tahun 2014. Penghargaan itu diberikan sebab penemuan mereka dianggap sebagai salah satu unsur yang menyebabkan revolusi teknologi pada abad ke-21.

  1. Robot Android (2003)

Orang-orang dulu menganggap bahwa robot ialah fiksi ilmiah semata, tetapi hal ini jadi nyata berkat inovator-inovator dari Jepang. Robot sekarang bukanlah hal yang mengagetkan dan telah mulai banyak dikembangkan di dunia.

Di tahun 2003, Jepang sudah membuat robot mirip manusia pertama yang bisa berbicara, berkedip sekalian bernapas melalui peneliti dari The Intelligent Robotics Lab di universitas Osaka. Bahkan belum lama ini, sebuah hotel dengan pelayan yang hampir semuanya ialah robot sudah dibuka di Nagasaki di tahun 2015. Dua tahun sebelumnya, tepatnya di tahun 2013, Jepang membuat robot astronot pertama di dunia yang berbicara di luar angkasa bernama Kirobo. Penasaran bukan? lihat videonya di bawah ini!

Demikianlah 5 inovasi teknologi dari Jepang yang merubah dunia untuk selamanya. Jepang memang cepat di bidang yang satu ini. Tetapi tidak menghilangkan kemungkinan generasi muda negara Indonesia juga bisa bersaing dengan mereka. Mereka dapat, mengapa kita tidak? Semangat terus Indonesia!

Silahkan ke website officialnya dengan melakukan pencarian di google dengan judul ” Wow, 5 Inovasi Teknologi dari Jepang Ini Merubah Dunia! ” untuk melihat artikel oroginalnya


Butuh jasa pembuatan website di Makassar? kontak kami. Jasa Pembuatan Aplikasi Android, Jasa SEO dan SEM, SMM, Internet Marketing Agency, Social Media Strategist Makassar, Pembuatan Logo, Konten, Video, Maskot dan Instalasi jaringan ataupun mikrotik bisa kami lakukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *